Sebarkan berita ini:

dugderan1SEMARANG [SemarangPedia] – Pemkot Semarang kembali menggelar kegiatan tradisi Dugderan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan berbagai ranagkaian acara seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dugderan umumnya dibuka resmi sehari sebelum Ramadhan dengan diawali prosesi Karnaval dan kali ini prosesi Karnaval Dugderan dijadwalkan akan berlangung dari  4 Juni, sedangkan kegiatan pasar malam dugderan akan berkahir 5 Juli 2016.

Karnaval Budaya Dugder akan di mulai pukul 12,30 WIB dengan dipusatkan Balaikota, dilanjutkan arak-arakan dengan rute  Jln Pemuda – Jln Kartini – Jln Jolotundo dan berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah. Sedangkan untuk 5 Juni 2016 akan digelar Karnaval Dugder bagi SD/MI SMP/MTS.

Tradisi dugderan datangnya bulan puasa 1437 Hijrah ini diperkirakan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016.

Sejumlah persiapan Dugderan 2016 sudah dilakukan jauh hari sebelumnya dengan melibatkan Dinas Pasar, Dewan Pengelola Masjid Agung Semarang (Masjid Kauman). Khusus dari pengelola Masjid Agung Semarang (Masjid Kauman) dari H- 10 membuka stand kuliner di area sekeliling masjid itu. Selain sejumlah panggung hiburan rakyat pun juga akan disiapkan.

“Khusus Masjid Agung Semarang (Masjid Kauman), pengelola bekerja sama dengan Paguyuban Pasa Johar yang menyediakan lapak jajanan di sekeliling masjid. Bahkan pada 28 Mei 2016 sampai  4 Juni 2016 di area masjid itu sduah digelar panggung hiburan bernuansa islami,” ujar Muhaimin, Pelaksanan dan Penanggung Jawab dari Masjid Agung Semarang, kepada SemarangPedia, Selasa (31/5)

Menurutnya, prosesi dugderan  tahun ini akan ada berpedaan dari tahun sebelumnya, khususnya di Masjid Agung Semarang dimana ada tradisi yang diangkat kembali setelah 10 tahun yang lalu. (RS)

156
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>