Sebarkan berita ini:

SemenSEMARANG[SemarangPedia] – Sebanyak 12 investor siap merealisasikan pendirian pabrik semen di berbagai daerah di Jawa Tengah dengan total nilai investasi Rp54 triliun.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Jateng, Dwi Teguh Paryono  mengatakan 12 pabrik semen itu, akan direalisasikan di wilayah Pati, Grobogan, Blora, Rembang, Wonogiri, Boyolali, dan Gombong, Kebumen.

“Saat ini sejumlah perusahaan masih dalam proses penyusunan analisa mengenai dampak lingkungan [Amdal],” ujarnya  Rabu (27/4/2016).

Wilayah Jateng, lanjutnya, menjadi sasaran tujuan sejumlah investor untuk membangun pabrik semen, berbagai daerah di provinsi ini banyak emmiliki kandungan bahan baku yang melimpah.

Menurutnya, masyarakat Jateng yang sebagian besar menolak rencana pembangunan pabrik semen itu, sulit dipahami, karena dengan beroperasinya industri semen dampak multi efek ekonomi sangatlah banyak.

“Semestinya masyarakat jangan negatif dulu terhadap pembangunan pabrik semen, karena masih bisa diantisipasi melalui Amdal,” tuturnya.

Teguh mengatakan setiap pendirian pabrik semen nilai investasinya mencapai Rp4,5 triliun, meski ada yang lebih.

“Jadi kalau 12 pabrik semen tinggal dikalikan Rp4,5 triliun menjadi senilai Rp54 trilun. Jateng welcome pabrik semen, tetapi tetapm sesuai koridor ketentuan yang ada,”  ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa, Christian Kartawijaya mengatakan akan membangun pabrik semen di wilayah Pati dengan teknologi ramah lingkungan.

Pembangunan pabrik semen yang akan menelan investasi Rp7 triliun dan menyerap sebanyak 1.650 tenaga kerja direncanakan mulai direalisasikan pada 2017.

“Indocement menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang berhasil menyelesaikan proyek mekanisme pembangunan bersih berupa proyek bahan bakar serta bahan baku alternatif untuk mengurangi emisi karbon,” tuturnya.

 

334
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>