Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]- Sebanyak 16 peserta ikuti lomba masak ikan Patin  yang digelar Dinas Perikanan Kota Semarang, di Halaman Balaikota Semarang, Selasa. (18/4)

Peserta sebanyak itu merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan di wilayah Kota Semarang.

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang I Gede Made Agung mengatakan lomba masak ikan itu  merupakan agenda tahunan dan kegiatan kali ini, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-470 Kota Semarang.

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat lebih menyukai dan gemar untuk mengkonsumsi ikan.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk kampanye gemar makan ikan, yang diharapkan mampu meningkatkan konsumsi ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar bagi masyarakat terus meningkat,” ujarnya.

Para peserta lomba, lanjutnya, akan diuji  kemampuannya mengolah dan meracik ikan patin menjadi makanan yang lezat. Dari hasil penilaian juri akan  diambil juara pertama, kedua, dan ketiga.

“Target kami, lomba ini skalanya memang nasional. Para juara akan kami ikutkan lomba memasak serupa di tingkat provinsi yang rencananya digelar Agustus mendatang,” tututnya.

Sebelum melaju di tingkat provinsi, lanjutnya, para pemenang akan diberikan pelatihan keterampilan memasak, khususnya berbahan baku ikan.

Dia menambahkan para pemenang bakal dilatih oleh profesional, yakni chef yang juga menjadi juri dalam kompetisi memasak ikan patin.

Menurunya, memasak dengan bahan baku ikan membutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri agar hidangan yang dihasilkan lebih lezat, dengan tampilan menarik.

“Untuk hadiah, kami sudah siapkan total hadiah sebesar Rp11.250.000 untuk tiga juara, dan dua peserta berbakat. Lomba ini memperebutkan Piala Wali Kota Semarang,” ujarnya.

Bagi juara pertama, dia menambahkan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp2,75 juta, juara kedua Rp2,5 juta, dan juara ketiga Rp2,25 juta, sementara peserta berbakat pertama Rp2 juta dan kedua Rp1,75 juta. (RS)

167
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>