Sebarkan berita ini:

25-PKL-SURYOKUSUMO1SEMARANG[SemarangPedia]-Sebanyak 240 Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Tlogosari Semarang menerima sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang diserahkan langsung oleh Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan.

Penyerahan sertifikat HGB dilakukan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan di Shelter Suryokusumo Semarang yang ditempati PKL Tlogosari, Sabtu. (25/6)

Menurut Ferry, HGB di atas hak pengelolaan lahan (HPL) Pemerintah Kota Semarang itu diberikan untuk jangka waktu tiga tahun berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah daerah setempat.

Dengan pemberian sertifikat HGB, lanjutnya, pemerintah ingin memastikan pengakuan atas kedaulatan tanah yang ada di masyarakat, terutama mengenai kepemilikan, kemanfaatan, dan kegunaannya.

“Kenapa sertifikat HGB diberikan untuk tiga tahun?. Karena diharapkan setelah tiga tahun, para PKL ini sudah memiliki kios atau toko, termasuk di mal-mal,” ujarnya.

Ke depan, dia menambahkan pemberian sertifikat HGB dapat diberlakukan untuk PKL-PKL lain yang ada di wilayah Kota Semarang, seperti PKL yang saat ini menempati shelter di kawasan Simpang Lima Semarang.

“Selama tidak melanggar ketentuan, tidak ada yang akan berani mengusir PKL berjualan Shelter Suryokusumo),” ujarnya, disambut tepuk tangan dari para pedagang yang hadir.

Menurutnya, di dalam sertifikat itu, dapat dicantumkan mengenai jam beroperasi, sehingga jika ada PKL yang melanggar aturan maka sertifikat HGB yang diberikan kepada yang bersangkutan bisa dicabut.

Sementara itu, Ketua Persatuan Pedagang dan Jasa (PPJ) Kota Semarang Ngadino mengapresiasi pemberian sertifikat HGB kepada para PKL Tlogosari yang bersedia direlokasi ke Shelter Suryokusumo.

Pemberian sertifikat HGB itu, lanjutnya, bisa membantu melegalkan aktivitas PKL yang menempati Shelter Suryokusumo yang masih berada di kawasan Tlogosari untuk berjualan.

Pada kesempatan itu, hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, sejumlah jajaran pejabat BPN Jateng dan Kantor Pertanahan Kota Semarang.

175
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>