Sebarkan berita ini:

2-Bus Mudik1JAKARTA[SemarangPedia] – Sebanyak 270 armada bus mudik gratis bareng yang digelar PT Industri Jamu dan Farmasai SidoMuncul Tbk diberangkatkan dari di kawasan Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat. (1/7)

Pemberangkatan bus mudik gratis yang mengangkut sebanyak 16.000 penumpang itu dilepas jajaran Direksi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Kegiatan mudik  gratis itu merupakan yang ke- 27.

Rombongan bus yang mengangkut penjual jamu, buruh, asongan dan pekerja lainnya secara simbolis dilepas oleh Deputi Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perhubungan, Direktur Utama Sido Muncul Sofyan Hidayat, Direktur Marketing Irwan Hidayat dan pejabat dari Korlantas Mabes Polri.

Pelepasan dipandu oleh bintang iklan Sido Muncul Donny Kusuma dan Vega Darwanti Bukan Empat Mata, dari sebelum pemberangkatan penumpang dihibur lebih dulu dengan penampilan musik.

Irwan Hidayat menyempatkan menyapa para peserta mudik gratis dengan naik armada bus urutan pertama tujuan Wonogiri dan ngobrol dengan penumpang.

“Semoga selamat sampai tujuan, bertemu dengan keluarga dan bahagia serta selamat hari raya mohon maaf lahir dan bathin, selalu sabar dalam perjalanan,” ujar Irwan.

2-Irwan1Menurutnya, mudik gratis pertama kali diadakan oleh SidoMuncul pada 1991 dengan menyediakan 27 armada bus, namun dari tahun ke tahun secara terus menerus armada bus yang disediakan bertambah hingga kini ke 17 disiapkan sebanyak 270 armada bus.

“Ide mudik gratis ini dari Pak Sofyan Hidayat yang sekarang menjabat sebagai Dirut SidoMuncul,” tuturnya.

Dia mengatakan mudik gratis pertama yang digelar 1991 hingga ke 3 pada 1993 acara diselenggarakan secara sederhana. Tidak ada acara hiburan apapun, tidak ada upacara serimonial, tidak ada pejabat pemerintah yang melepas keberangkatan para pemudik.

“Yang mewakili direksi melepas para pemudik selama tiga tahun adalah Kris Irawan, marketing manajer SidoMuncul pada waktu itu, dan ide mudik gratis ini karena SidoMuncul ingin memberi insentif pada para penjual jamu,” ujarnya.

Bahkan pada 1994, acara mudik gratis mulai diorganisir dengan serius. Acara dengan mengadakan hiburan sebelum pemudik berangkat, memasang promosi produk Sido Muncul pada bus, mengundang pejabat untuk melepas para pemudik dan kalangan pers untuk mempublikasikan kegiatan itu.

215
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>