Sebarkan berita ini:

18-DPRDSEMARANG(SemarangPedia] – Sebanyak 3.642 bidang tanah aset milik Pemprov Jateng hingga kini belum bersertifikat dan sebagaian besar 95 % merupakan aset Dinas Bina Marga dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)

Menurut Kabid Fasilitasi Pengadaan Aset Daerah (Fasda) DPPAD  Jateng, Ninik Mardiastuti,  dari Dinas Bina Marga terdapat asettnya mencapai 2.247 bidang tanah belum bersertifikat, sedangkan sisanya 1.220 bidang tanah asset milik Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) juga belum memiliki kekuatan hokum.

“Untuk penyertifikatan aset pemprov itu, masih menghadapi sejumlah permasalahan seperti data yuridis tanah dan data fisik tanah,” ujarnya saat Rapat Koordinasi DPPAD dengan Komisi A DPRD Jateng, di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (1/5).

Dia menuturkan, permasalahan terkait dengan data yuridis tanah, berdasarkan LHP BPK pada 2014 status kepemilikan asset berupa jalan dan saluran irigasi hingga kini masih diragukan statusnya.

Kalau yang terkait data fisik tanah, lanjutnya, menyangkut letak bidang tanah tidak jelas, karena cost sharing antara pemerintah pusat, pemprov, pemkab dan pemko.

Permasalahan, dia menambahkan belum adanya sertifikat tanah itu, biasanya di lokasi yang kurang strategis. “Untuk meminimalisasi permasalahan itu, perlunya keterlibatan publik, disamping juga dukungan SDM ahli yang membidangi itu.

Data dari DPPAD Jateng menyebutkan total jumlah bidang tanah asset milik pemprov tercatat mencapai sebanyak 9.294 dan 5.652 di antaranya sudah bersertifikat, sisanya  3.642 bidang tanah belum bersertifikat.

Nunik menjelaskan untuk aset pemprov yang belum bersertifikat pihaknya akan terus berupaya untuk menyelesaikan terutama proses mengajukan status menjadi berserfitikat hingga permasalahan itu segera bisa selesai. (RS)

106
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>