Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng menerima tambahan vaksin Sinovac sebanyak 248.600 dosis yang diperuntukkan bagi 122.617 tenaga kesehatan (Nakes) hingga dilakukan pencanangan vaksinasi secara serentak, di 31 kabupaten/kota, Senin (25/1).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan vaksin yang belakangan datang merupakan termin kedua dari tahap satu sebelumnya vaksinasi Covid-19 untuk nakes.

Menurutnya, tambahan vaksin datang pada hari Sabtu (23/1)lalu. Ratusan ribu dosis vaksin itu, kemudian didistribusikan ke kabupaten atau kota yang belum menerima vaksin Covid-19.

“Sudah terkirim ke kabupaten/kota dan diharapkan sudah selesai semuanya. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, namun harapannya bisa cepat selesai,” ujarnya.

Dia menambahkan berdasarkan surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, pada hari Senin ini dilakukan pencanangan vaksinasi. Yang pertama kali disuntik adalah Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah. Setelahnya, baru penyuntikan vaksin bagi para nakes.

“Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yakni, bupati atau walikota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di daerah masing-masing,” tutur Yuli.

Pada pencanangan vaksinasi serentak akan diikuti 31 kabupaten dan kota. Sementara untuk Kabupaten Wonogiri, akan melakukan vaksinasi awal di hari Selasa (26/1/2021). Sementara, tiga wilayah (Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta) telah mencanangkan vaksinasi di Termin pertama tahap satu, pada 14 Januari lalu.

Terkait progres vaksinasi termin pertama tahap satu, untuk 32.973 nakes, hingga kini telah mencapai 54,6%. Data per 24 Januari menunjukan, 19.790 orang telah mendapat suntik vaksin.

Di termin pertama, tahap satu Jateng mendapat 62.560 dosis vaksin, yang didistribusikan ke tiga wilayah meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta.

Dengan progres tersebut, untuk vaksinasi termin pertama ditarget rampung pada awal 0pekan ini atau maksimal 28 Januari 2021.

“Untuk tiga daerah yang sudah dilaksanakan, kita selesaikan paling lambat 28 Januari. Untuk termin satu, penyuntikan pertama. Kalau untuk nakes semuanya diharapkan selesai pada Februari 2021,” ujarnya. (RS)

7
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>