Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

UNGARAN[SemarangPedia] – Sebanyak 500 siswa Sekolah Dasar (SD) dari 19 Kecamatan di Kabupaten Semarang mengikuti Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) yang diselenggarakan di Pringapus, Kamis (15/9).

Muhammad Ja’far, Ketua Panitia MAPSI mengatakan ada beberapa nomor yang dilombakan pada lomba MAPSI kali ini, sebagai upaya untuk memberikan berbagai kreasi kepada mereka.

“Para pelajar SD akan berlomba pada 11 even yang terdiri dari 33 nomor lomba dan bagi para pemenang akan menjadi wakil Kabupaten Semarang pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang rencananya akan digelar di Blora pada Bulan Oktober mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, 11 even lomba tersebut di antaranya lomba pendidikan agama Islam, baca tulis Al Qur’an, lomba cerdas cermat Al Qur’an, kewirausahaan, tahfidz Al Qur’an dan Rebana.

“Satu even lomba yang menarik adalah macapat Islami yang memadukan budaya Jawa tembang Macapat yang berisi pelajaran Islami,” tuturnya

Pembukaan lomba MAPSI ke-19 tingkat Kabupaten Semarang ditandai oleh pemukulan kentongan oleh Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha dan disaksikan oleh beberapa pejabat yang terkait dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ngesti Nugraha mengatakan acara seperti ini sangat penting untuk diselenggarakan secara rutin. Pasalnya, lomba MAPSI tersebut dinilai bisa menjadi pendidikan karakter bagi generasi muda penerus bangsa.

“Pendidikan agama selayaknya tidak bisa dipisahkan dalam pengajaran di sekolah dasar, sehingga dikotomi antara pendidikan ilmu agama dan ilmu pengetehuan umum tidak terjadi dan menimbulkan kesenjangan yang merugikan peserta didik,” ujarnya.

Pada perlombaan MAPSI tahun lalu, kontingen Kecamatan Tengaran berhasil menjadi juara umum dan mendapatkan piala bergilir dari Bupati Semarang. (RS)

393
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>