Sebarkan berita ini:

fe141c0e-6d12-419a-b745-911acf81e823SEMARANG [SemarangPedia] – Sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) warga Bamban Kerep RT 6 RW 4 Kelurahan Kedung Pane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, melakukan pengolahan sampah plastik untuk dijadikan produk kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Sampah yang disulap menjadi produk kreatif kerajinan tangan seperti tas, dompet, dan berbagai pernak-pernik lainnya. Dikelola oleh organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Koordinator Dasa Wisma PKK Bamban Kerep, Mijen, Kota Semarang, Suprapti mengatakan, ini merupakan peran aktip dari masyarakat yang khususnya Ibu Rumah Tangga untuk peduli terhadap lingkungan, selain memiliki aktivitas yang bermanfaat juga bisa mendapat tambahan pendapatan. “Langkah pengolahan sampah plastik memiliki banyak manfaat. 60 anggota binaan ini saya berharap bisa mengurangi sampah plastik dilingkungan sekitar,” jelasnya, Senin (1/8).

Dikatakannya, saat ini masih dalam tahap pelatihan untuk memberi bekal kemampuan dalam kerajinan tangan. Sehingga nantinya mampu menghasilkan produk kerajinan yang layak jual. “Produknya bermacam-macam jenis kerajinan. Semuanya berbahan dasar sampah plastik kemasan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki mengatakan, hal ini sesuai dengan program pemerintah dalam pengolahan sampah, yakni Reuse, Reduce, dan Recycle (3R). Hingga sekarang, program ini dinilai menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah.

Di samping menjadi solusi pengelolaan sampah menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), pengelolaan sampah dengan sistem 3R dapat dilaksanakan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari.

“Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah, nanti olahan sampah plastik tersebut akan menjadi produk kerajinan dan dipasarkan,” kata Ulfi.

Dalam program ini pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak, di antaranya dengan menggandeng PT Marimas, selaku perusahaan yang selama ini banyak menghasilkan sampah plastik. “Pemasarannya nanti akan dibantu dari pihak PT Marimas,” Tandasnya.

240
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>