Sebarkan berita ini:

25-Calon HajiSEMARANG[SemarangPedia] – Para calon jamaah haji dari Semarang yang berangkat ke tanah suci telah menyerahkan tas bawaannya di Asrama Haji Transit Islamic Center Semarang.

Kloter 42 dan 43 sejumlah 710 calon jama’ah haji dari Semarang siap diberangkatkan Kamis ini (25/8), melalui Embarkasi Haji Donohudan Boyolali.

Nama identitas dan foto sebagai tanda untuk mengenali tas koper sepertinya belum cukup digunakan bagi sebagian calon jemaah haji asal Semarang Jawa Tengah ini. Warna dan model yang sama, dengan jumlah mencapai ribuan, membuat para calon jemaah haji sering kali kesulitan mengenali mana tas koper miliknya. Terlebih bagi para calon jemaah yang telah lanjut usia.

Beragam cara pun dilakukan para calon jamaah haji untuk membuat tas koper sedikit terlihat mencolok dan lebih mudah dikenali. Salah satunya dengan menandai tas koper dengan menambahkan aneka aksesoris.

Tidak hanya kain perca, ataupun pita warna warni, beberapa calon jemaah bahkan menandai tas kopernya dengan boneka, sandal, bola tenis, hingga botol plastik bekas yang diikatkan pada tali tas koper.

Ada pula yang memasang foto diri dalam ukuran yang sangat besar dan ditempel di tasnya. seperti halnya yang dilakukan Khundori, Jemaah Haji Asal Semarang yang akan berangkat ke tanah suci ini, memasang botol plastik bekas, pada dua tas miliknya dan isterinya.

“Dengan diberi tanda khusus diharapkan dari kejauhan dapat terlihat, kalau tas tersebut milik saya. Untuk pemberian botol atas ide istri saya,” ujar Khundori

Meski tidak ada anjuran resmi, pemberian tanda tambahan semacam itu seakan sudah menjadi tradisi tersendiri di kalangan calon jemaah haji.

Menurut Ahmad Samsudin Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umroh Semarang, pemberian tanda tambahan pada tas koper tidaklah dilarang, asal tidak terlalu berlebihan,

“Selama itu tidak menambah beban koper yang sudah dibatasi ketentuan penerbangan yaitu 30 kilogram itu tidak masalah, karena itu hanya sebagai tanda pengenal, supaya para jamaah mudah mengenali koper miliknya saat di bandara Saudi pada saat pengambilan dan dipenginapan atau martab,” tuturnya.

Namun, sesampainya di asrama haji,  isi tas koper dipastikan akan diperiksa oleh petugas untuk mencari barang-barang terlarang yang mungkin terbawa oleh para calon jamaah haji.

Untuk tahun ini, sebanyak 143 calon jama’ah haji dari Semarang siap diberangkatkan terbagi dalam lima kelompok terbang, atau kloter, terdiri kloter 42, 43, 68,69, dan 70. (HN/RS)

189
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>