Sebarkan berita ini:

PanwasluSEMARANG[SemarangPedia] –  Tim seleksi calon panitia pengawas pilkada di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah telah menetapkan sebanyak 77 nama calon panitia pengawas pilkada 2017 yang lolos dalam tahapan seleksi tes tertulis.

Sebanyak 77 orang itu tersebar di 7 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada 2017 dengan jumlah masing-masing kabupaten/kota sebanyak 11 pendaftar.

“Nama-nama pendaftar yang lolos tes tertulis bisa dilihat di situs www.bawaslu-jatengprov.go.id,” ujar Sekretaris Tim Seleksi Panitia Pengawas Pilkada di Jawa Tengah, Muhammad Rofiuddin di Semarang, Jum’at (29 April 2016).

Calon sebanyak 77 orang tersebut hasil saringan dari penilaian tes tertulis yang dilaksanakan pada Rabu, 27 April lalu. Tim seleksi sudah mengoreksi lembar jawaban peserta tes tertulis.

Kemudian Tim Seleksi menetapkan 11 pendaftar di masing-masing 7 kabupaten/kota yang memperoleh nilai tertinggi, disusul 77 pendaftar yang yang lolos seleksi tes tertulis itu akan mengikuti tes wawancara.

Tim seleksi membagi pelaksanaan tes wawancara di tiga tempat, yakni untuk peserta tes dari Cilacap dan Banjarnegara mengikuti tes wawancara pada Minggu (1 Mei 2016) di  Hotel Horison Purwokerto.

Sedangkan pada Selasa (3 Mei 2016) di Hotel Santika Kota Pekalongan untuk tes wawancara pendaftar dari Batang dan Brebes. Selanjutnya untuk pendaftar dari Kota Salatiga, Jepara dan Pati mengikuti tes wawancara pada Rabu (4 Mei 2016) di Hotel Gripta Kudus.

“Untuk lebih detail mengenai ketentuan pelaksanaan tes wawancara bisa dilihat di situs www.bawaslu-jatengprov.go.id,” tutur Rofiuddin.

Anggota Tim Seleksi Panitia Pengawas Pilkada, Abu Rakhmad mengatakan latar belakang 77 pendaftar yang lolos seleksi tes tertulis terdiri dari berbagai profesi dan pekerjaan.\

“Terdapat staf yayasan, dosen, wiraswasta, pendamping, swasta, pengelola pendidikan, pensiunan, wartawan, purnawirawan TNI, advokat, pedagang, guru, sales, nelayan, manajer KUD dan lain-lain,” ujarnya.

Sedangkan  dari sisi jenis kelamin, 77 yang lolos tes tertulis masih didominasi laki-laki. “Dari 77 itu, tercatat 71 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Rinciannya terdiri Kota Salatiga ada 9 laki-laki dan 2 perempuan, Jepara 2 perempuan dan 9 laki-laki, Cilacap 2 perempuan dan 9 laki-laki. Adapun di empat kabupaten lain (Banjarnegara, Batang, Pati, Brebes) semua calon berjenis kelamin laki-laki.

Abu menuturkan sejak awal, jumlah pendaftar dari perempuan memang masih terbilang sedikit. dari 233 pendaftar calon panitia pengawas pilkada di Jawa Tengah sebanyak 193 orang atau 83,2 persen berjenis kelamin laki-laki dan 39 orang atau 16,8 persen dari perempuan.

Menurutnya, tim seleksi tidak akan memberlakukan diskrimanasi pendaftar. “Semua memiliki peluang yang sama. Tak memandang latarbelakang pekerjaan maupun jenis kelamin,” tuturnya.

 

104
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>