Sebarkan berita ini:

31-dhl-ekspresJAKARTA[SemarangPedia]- DHL Express Indonesia sebuah perusahaan jasa pengiriman pos dan logistik akan memperkuat pasar di Jateng, dengan mengoptimalkan Services Center DHL Express di Kota Semarang, seiring pertumbuhan bisnis di propinsi ini semakin membaik.

Senior Technical Advisor, DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad mengatakan DHL akan pengoptimalan Services Center DHL Express di Kota Semarang, sebagai upaya untuk memenuhi melayani customer di wilayah Jateng secara lebih cepat dari segi transit time

“Selama ini wilayah Semarang hanya sebatas servis center, sehingga tahun depan kami akan mengoptimalkanya dengan pembaruan, perluasan fungsi yang semula sebagai services menjadi gateway untuk  membantu operasional di services center pusat,” ujarnya saat peluncuran DHL Express Mobille Service Station, di Jakarta. (31/10).

Menurutnya, pengoptimalan servis DHL Semarang merupakan bagian dari rencana menjajaki pangsa Asia Tenggara dan ke depan dilanjutkan ke seluruh dunia dengan menggunakan pesawat yang di charter oleh DHL.

Selain di Kota Semarang, lanjutnya, menyusul pengoptimalan servis DHL dilakukan di Kota Yogyakarta, Solo dan lainnya untuk memperkuat jaringan.

“Kami mimilih tiga kota di Jateng karena dari survei yang dilakukan, dua tahun belakangan kota tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat, seiring pembangunan pabrik dan indutrial park terus menggeliat,” tuturnya.

Belum lama ini DHL Express juga meluncurkan mobile service station (MMS) pertama di Indonesia. Fasilitas terbaru itu memungkinkan DHL memperpanjang batas akhir penjemputan kiriman dari pelanggan hingga 90 menit.

Menurutnya, untuk sementara layanan tersebut baru bisa melayani pengiriman dokumen dari kurir, baik mobil maupun sepeda motor.

“Untuk sementara, fasilitas ini belum bisa melayani person to person. Kami akan lihat dulu bagaimana perkembangannya,” ujarnya.

Dia menuturkan untuk layanan mobile service station ini,  DHL telah menginvestasikan dua unit kendaraan komersial Mercedes-Benz Sprinter 315 yang masing-masing unit seharga sekitar Rp1,3 miliar. Dua unit kendaraan itu akan ditempatkan di dua lokasi strategis yaitu di WTC dan kawasan SCBD Jakarta.

Dari hasil survei yang dilakukan DHL, lanjutnya, kepada konsumennya, salah satu saran yang diajukan adalah penambahan jam layanan, karena beberapa sektor seperti perbankan membutuhkan perpanjangan waktu layanan penjemputan kiriman.

“Kalau dengan cara konvensional, kami tidak bisa memenuhi kebutuhan itu, karena terbentur jadwal pesawat. Solusinya adalah MMS ini, cut of time kami bisa dilebarkan 90 menit. Kurir nggak perlu menunggu semua kiriman dikumpulkan. Dari sini MMS langsung ke bandara, tidak  perlu lagi ke service center,” ujarnya.

MSS tersebut juga menjalankan fungsi layaknya service center, karena kendaraan itu dibekali perlengkapan dan sistem yang menunjang, seperti weighing scale, wireless scanner, imaging machine, label printer serta koneksi 4G.

Tahun depan, rencananya akan ada penambahan tiga service center di Solo, Semarang, dan Yogyakarta. Pertumbuhan ekonomi di tiga daerah itu selama tiga tahun terakhir ternyaya selalu positif.

“Dengan adanya service center baru, konsumen dari tiga daerah itu bisa terhubung langsung ke luar negeri. Dari sisi transit time, mereka bisa mendapatkan layanan satu hari lebih cepat,” tutur Ahmad. (RS)

 

498
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>