Sebarkan berita ini:

15-sinoengSEMARANG[SemarangPeeia] – Aduan masyarakat berbagai permasalahan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui layanan publik pada ‘Program SMS Lapor Gub’ selama setahun terakhir ini terus meningkat dan paling menonjol persoalan pengurusan E-KTP, Akte Kelahiran, PLN, PDAM dan BPKB.

Kepala Biro Humas Setda Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan layanan ‘Program Lapor Gub’ yang dilaunchings sejak April 2015, untuk menampung aduan berbagai permasalahan mendapat respons positif dari masyarakat di provinsi ini.

Menurutnya, jumlah aduan masyarakat terkait proses layanan yang dilakukan birokrasi April -Desember 2015 mencapai sebanyak 3.040 aduan. Sementara pada periode Januari hingga minggu kedua September 2016, sebanyak 4.452 aduan.

“Melihat respons cukup besar, rencananya ‘Program SMS Lapor Gub’ akan diintegrasikan dengan twitter Indonesia agar masyarakat lebih mudah menyampaikan aduan. Kita akan kerja sama baik internal antar SKPD maupun kabupaten/kota,” ujarnya saat memberikan laporan kepada Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo dalam acara Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Hotel Swiss Bellin Saripetojo Surakarta, Rabu malam. (14/9)

Meski aduan masyarakat terus meningkat, Sinoeng menambahkan penyelesaian atas aduan tersebut masih belum optimal hanya bisa ditindaklanjuti sebanyak 1.741 aduan, akibat proses konfirmasi di lapangan memerlukan waktu lama dan banyak aduan masyarakat bukan kewenangan Pemprov Jateng.

“Dari aduan sebanyak itu, tercatat 1.741 aduan yang sudah terselesaikan, selebihnya 2.086 aduan masih dalam proses hingga saat ini. Sedangkan yang 625 SMS lainnya dalam kategori ucapan, iklan, isi tidak jelas ataupun promosi,” tuturnya.

Sinoeng menuturkan aduan masyarakat yang masuk didominasi layanan publik, seperti layanan samsat, KTP, akta kelahiran, PLN, PDAM, BPKB sebanyak 743 SMS, disusul urutan kedua masalah infrastruktur mencapai 591 aduan, ketertiban dan keamanan sebanyak 344 aduan, bansos, KIS, JKN, Jamkesda sebanyak 270 aduan, dan Pendidikan mencapai 244 aduan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemerintah kabupaten/kota harus membuka seluruh kanal informasinya sebagai sistem komplain masyarakat.

“Terutama bagi pemerintah  kabupaten/kota yang punya peran memangku  masyarakat secara langsung harus membuka seluruh kanal informasi. Sedangkan pemerintah provinsi hanya berfungsi sebagai fasilitator,” ujarnya. (RS)

2.000
Sebarkan berita ini:

14 Comments

  1. pagi pak ganjar, saya pagi ini dtg ke samsat pukul 07.00 wib. hingga pukul 08.30 wib pelayanan cek fisik belum dimulai.trus mulai jam berapa?

  2. pak ganjar mbok sekali sekali sidak di rs soeprapto cepu jl ronggolawe
    Biar bapak tau kinerjanya seperti apa
    Orang cepu kasihan pak tlng ya.?

  3. Pak ganjar, saya mau bayar pajak mobil tapi posisi mobil ada di batu -malang ,dari samsat batu ada bantuan gesekan no mesin sama no rangka . tapi pas sampak di semarang tidak bisa di terima . padahal semua persyratan komplit , kenapa mau bayar pajak saja kok susah yaaa.
    Tolong dibuat syitem yang mudah sehinggal wajib pajak tidak dipersulit.

  4. pak ganjar,hutan jati di desa sumberagung ngaringan grobogan rusak parah pak. pebalakan liar,da oknum polhut yg bekerja sama dngn pencuri kayunya.g tanggung2 nyurinya pake mobil. dah klewatan pak. tolong pak di tertibkan. wrga jga pingin hutane gk gundul.mksih

  5. pak jm krj di klurhan yang bner jm brpa?sya dri 7 smpe jm 9 ko blum di lyani juga ,di kudus kelurahan kedungsari

  6. aslm, pak Gubernur yang saya hormati sya PTT SMA mau tanya kenapa pemberian honor GTT/PTT hanya berdasrkan linear dan tidak linerar, bukan dari masa kerja, karena pada kenyataanya yang PTT bekerja lebih dri 9 tahun tidak dapat honor sesuai pergub,dg alasan sekolah tidak ada uang,terus buat apa pergub dibuat sementara kami hanya terima honor dari sekolah, lalu bagaimana tindaklanjutnya bagi sekolah yang tidak melaksanakan pergub tersebut

  7. selamat malam bapak gubernur yang terhormat.selaku aparatur negara yang sedang bertugas.
    saya afif dr desa kaligowong.kec wadaslintang.kab wonosobo.
    mohon di kalrifikasi adanya infrastruktur pembngunan jalan kabupaten khususnya di daerah saya.sampai saat ini telah mencapai 50% -+ nya.tetapi sejak bebrapa bulan berhnti dan dengan kondisi jln di desa kami bnyak yg rusak.hingga di adakan penembelan secara pribadi dgn menariki dana warga.apakah itu bagian dr tanggung jawab warga ya pak?

    satu lagi adanya program E-KTP sejak 4bulan lebih saya rekaman sampai saat ini belum jadi2 dengan alasan blangko habis dr atasan belum di suplay lagi.pdhl E-KTP itu mnurut saya sangat penting dikarenakan sekarng smua hrus pke E-ktp.demikian yg dpt saya laporkan kepada bapak yg berwenang.
    mohon maaf kurang lebihnya dan saya ucapkan trimaksh bapak aparatur negara.mohon di sidak nggeh pak.
    SUGENG RAHAYU

  8. Pak. Kepala desa tempat saya kerja ga beres. Ga pernah dateng ke balai desa. Mintanya dateng kerumah. Kalo dateng kerumah trus minta tandatangan pasti langsung ngomong nominal angka yang menurut saya lumayan besar. Saya minta ke pak ganjar, mbok kepala desa kayak gitu skali2 disidak. Bapak pernah ke desa kami, tapi bukan sidak. Jadi bapak tidak tau kinerja sehari2 seperti apa.

  9. selamat pagi pak ganjar saya mau tanya saya dari kelurahan lamper tengah yang ingin saya tanyakan apakah benar untuk pengurusan surat nikah itu harus satu agama karena selama ini saya minta tanda tangan kelurahan tidak di tanda tangan ( karena saya sama calon suami itu beda agama kristen dan katolik) tapi tidak diberikan penjelasan secara jelas.
    terima kasih atas penjelasannya.

  10. pak gubernur saya ingin melaporkan keluhan saya beserta seluruh masyarakat dkh.Bulupitu.kanoman.karangnongko.klaten
    mengenai tentang penggilingan material pasir di tengah kampung itu sangat mengganggu pak,apalagi basecamp itu berdiri tanpa surat izin dr masyarakat,kelurahan,kecamatan dan kabupaten klaten.kami sudah melapor ke LSM klaten tpi blum ada tindakan apapun,bahkan saat pemilik basecamp di tegur jawabnya gak bakalan ada yang berani negur saya katanya pemilik basecamp,saya kira itu suap menyuap antara pemerintah daerah kota klaten dg pemilik basecamp,tlong ditinjau pak.

  11. Malam Pak Ganjar,
    saya beberapa kali info ke Dinas DPU untuk di bantu mengatasi pohon yang ada di Jl. Plampitan depan SMP N 36 Semarang 50137. Ada 1 pohon yang sudah sangat lebat dan mengganggu jalan raya dan membahayakan rumah dan anak anak sekolah SMP N36 semarang. Tolong dibantu untuk di sosialisasikan ke DPU agar segera di tindak lanjuti di lapangan sebelum ada hal yang tidak diinginkan. Dikarenakan pohon sudah miring sekali ke jalan raya dan sangat miring posisi nya.

    Terima kasih

  12. selamat malam pak ganjar saya eko dari pekalongan saya tinggal di desa jeruksari kecamatan tirto kabupaten pekalongan, gini pak daerah saya memang daerah rob air laut alhamdulilah jalan sudah di perbaiki dan di cor tapi jalan yg di cor itu tidak keseluruha malah di tengah jalan itu bolong sekitar 50 meter dan di genang i air rob dan itu sudah 2 tahun tidak di cor seakan” di biarkan padahal itu jalan utama, jadi sebelah utara dah di cor sebelah barat sudah di cor tengh nya bolong…kan lucu tidak di selesaikan tolong pak di tindak lanjuti saya mau kirim foto jalan itu tapi tidak tau mau kirim ke mana ini tak kasih no wa saya pak barang kali saya bisa kirim fto jalan itu. trima kasih 085742498334

  13. Lapor pak ganjar,tolong di perhatikan untuk kabel PLN/Telkom yg sudah pada ngelewer harap di perhatikan..
    karna td malam sudah memakn korban,korban sekarang berada di rs romani dengan luka jahitan 6-8.dan posisi kabel masih nyetrum krna leher korban gosong dan tas dr salh 1 tmn korban juga ikut terbakar..
    mohon pak ganjar bisa menindak lanjuti tentang ini,jgan ada korban lagi

  14. Pak ganjar mohon untuk di tindak lanjuti di Ds .mranak ,kec.wonosalam,kab.Demak masalah penggunaan bantuan desa tidak sesuai sasaran ada indikasi penyelewengan dana bantuan dari pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>