Sebarkan berita ini:

3-sidangSEMARANG[SemarangPedia] – Persidangan pekan depan dengan terdakwa Triana Martinawati, Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Mandiri Sejahtera (MMS) di Pengadilan Negeri (PN) Semarang Jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng Sateno akan mendatangkan ahli dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan koperasi.

Isteri dari pejabat Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Kantor Wilayah Jateng – DI Yogyakarta yang menjadi terdakwa itu, harus mempertanggungjawabkan dana deposito Rp38 miliar yang raib milik 113 anggota KSP MMS dan juga nasabah BTPN.

Jaksa Sateno mengatakan pihaknya akan mendatangkan ahli dari OJK dan koperasi pada sidang berikutnya, tanpa menyebutkan nama ahli itu.

Dalam perkara ini, Triana dijerat pasal berlapis, yakni pasal 16 ayat 1 juncto pasal 46 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 10/ 1998 tentang perubahan UU Nomor 7/ 1992 tentang Perbankan serta pasal 3 UU Nomor 8/ 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Sebagian besar anggota koperasi itu ialah pensiunan.

Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim PN Semarang Pudjo Unggul, beberapa saksi fakta, mulai anggota koperasi serta dinas koperasi telah dihadirkan dalam siding, termasuk dua pegawai KSP MMS.

Sebelumnya, KSP MMS bernama Koperasi Mitra Pensiunan (KMP). Para nasabah BTPN itu bergabung dengan koperasi setelah diarahkan marketing BTPN yang berlkasi di Jl MT Haryono, Semarang.

Mereka menjamin keamanan dana yang disimpan di koperasi karena milik BTPN. Selain itu koperasi juga memberikan penawaran menarik bunga deposito antara 1% – 1,7% per bulan.

Nasabah BTPN itu, akhirnya tertarik dan  bergabung, meski awalnya, MMS rutin memberikan keuntungan bunga simpanan yang bisa diambil dalam kurun waktu satu hingga tiga bulan. Namun Mei 2014 mulai tersendata dan anggota koperasi ternyata sudah tidak bisa mengambil dananya. Dana deposito itu tercatat mulai Rp 13 juta hingga Rp 7,5 miliar menjadi idak jelas.

 

169
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>