Sebarkan berita ini:

REMBANG(SemarangPedia) – PT Semen Indonesia berpartisipadi akan ikut menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memanfaatkan peluang kerja, seiring tumbuhnya industrialisasi di kawasan pantura Jateng bagian timur.

Melalui Yayasan Semen Indonesia Foundation, BUMN yang berkantor pusat di Gresik Jatim itu, telah membuka Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) untuk menampung para siswa lulusan SLTA.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang kampusnya berlokasi di Jl Pemuda KM 3 Rembang itu, siap mencetak SDM untuk memenuhi kebutuhan tenga kerja industri yang mulai tumbuh pesat di kawasan pantura Jateng.

Wakil Direktur III AKSI Rembang Nur Faizin, S.Pd mengatakan kehadiran PTS setingkat Diploma II di Rembang ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan tenaga kerja industri yang sedang tumbuh di kawasan pantura Jateng bagian timur, terutama Rembang dan sekitarnya.

“Lulusan AKSI Rembang tidak langsung diterima sebagai karyawan Semen Indonesia,” ujarnya, di sela Rapat Kerja Paguyuban Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Rayon 1 Jateng, di Fave Hotel Rembang, Jum’at (9/2).

Menurutnya, lulusan AKSI Rembang yang sudah dipersiapkan kompetensinya tahun depan bakal siap memasuki pasar industri.

Program studi yang dikelola meliputi Teknik Operasi Mesin Industri, Teknik Perawatan Mesin Industri dan Otomasi Perkantoran.

Progdi itu, lanjutnya. dipilih karena dua progdi eksakta memiliki prospek yang bagus dan sangat dibutuhkan, begitu juga progdi Otomasi Perkantoran sangat dibutuhkan oleh kalangan industri.

Di wilayah Rembang, dia menambahkan saat ini mulai bermunculan industri besar , di antaranya Migas, Pabrik Sepatu (Malaysia), Pabrik Gula, Semen Indonesia dan industri lainnya. Belum lagi wilayah sekitar Rembang mencakup Pati dan Tuban Jatim industrinya juga berkembang pesat.

Dengan demikian, tutur
Nur Faizin, pasti daerah itu sangat membutuhkan pasokan SDM yang kompeten, trampil dan siap pakai.

AKSI yang baru satu tahun berjalan, dipastikan tahun depan sudah dapat melepas lulusannya.

Sebanyak 121 mahasiswa AKSI Rembang angkatan pertama yang tahun depan selesai masa studinya setelah diwisuda, diharapkan sudah dapat terserap di pasaran kerja. (SMH/RS)

15
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>