Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] –  Tak ingin larut dalam ‘teror’ Covid-19, belasan pemuda Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak yang tergabung dalam Komunitas Jembatan Kuning Paingan (JKP 42) menggelar aksi kebangsaan menyambut HUT Kemerdakaan RI ke- 75, Kamis (6/8).

Ketua JKP 42 Demak Andreyanto mengatakan aksi kebangsaan diaktualisasikan dengan gerakan “sweeping” ke rumah – rumah warga yang belum memasang bendera Merah Putih, sesuai himbauan pemerintah agar masyarakat untuk mulai mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak mulai 1 – 31 Agustus 2020 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Puluhan bendera Merah Putih kami siapkan saat melakukan sweeping atau  menyambangi rumah – rumah warga untuk memastikan bendera Merah Putih sudah terpasang di depan rumahnya,” ujar Andreyanto di Demak, Jum’at (7/8).

Menurutnya, jika ditemukan ada rumah yang dihalamannya belum terpasang bendera Merah Putih,  maka akan langsung dipasang bendera dan sembari diberikan edukasi terkait nasionalisme dan semangat kebangsaan.

Selain itu, lanjutnya, jika ditemukan bendera yang warnanya sudah kusam, atau robek  dan masih dipasang, lagsung diganti dengan bendera baru yang sudah disiapkan sebelumnya.

“Selama menjalankan aksi  ditemukan  ada beberapa rumah yang belum ada benderanya, langsung kita pasang dengan bendera baru. Ada juga yang sudah dipasang tapi sudah kusam dan memudar warnanya, juga langsung kami ganti bendera yang baru,” tuturnya.

Dia menambahkan selain menumbuhkan semangat kebangsaan pada momentum peringatan Kemerdekaan RI,  aksi ini juga untuk mengingatkan warga terutama anak anak dan pelajar agar di masa musim libur pandemi Covid -19 ini, tetap terjaga nasionalisme dan memorinya bahwa saat ini sedang berada ditengah -tengah masa memperingati proklamasi kemerdekaan.

Jadi, tutur Andreyanto, meski tidak ada aktifitas pembelajaran di sekolah di masa pandemi Covid-19 ini para pelajar jangan sampai lupa mengibarkan bendera Merah Putih selama  Agustus ini.

Kepala Desa Karangsari Wiryadi Agung Raharjo mengapresiasi inisiasi dan kreasi anak- anak muda ini, karena ini langkah positif sekali.

“Ini kegiatan bagus sekali, nilai-nilai kebangsaan di lingkungan sekitar akan semakin kokoh,” ujarnya. (SMH/RS)

12
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>