Sebarkan berita ini:

17-Aklsi TragediSEMARANG[SemarangPedia] – Alliansi Masyarakat Semarang Sayang Pancasila melakukan aksi diam, mereka mendukung proses rekonsiliasi tragedi PKI pada 1965. Aksi digelar  di depan Kantor Polda Jawa Tengah Selasa. 17/5)

Selain itu, Alliansi Masyarakat Semarang Sayang Pancasila juga menginginkan tindakan aparat penegak hukum jangan berlebihan, seperti halnya beberapa waktu lalu dilakukan pembubaran diskusi, pemutaran film Senyap, diskusi film Pulau Buru Tanah Air Beta dan lainnya.

“Pembubaran paksa pada kegiatan itu tidak bisa dilakukan, karena belum tentu dalam acara itu berisi ajaran-ajaran yang dinilai oleh aparat adalah komunisme,” ujar Muhammad Ghofar  Perwakilan Alliansi Masyarakat Semarang Sayang Pancasila

Enurutnya, aksi damai yang rencananya akan dilakukan di depan pintu masuk Mapolda Jateng urung di gelar,  karena sudah penjagaan sejumlah Aparat Kepolisian terkesan begitu ketat.

Dalam aksi itu, belasan orang berdiri berjejer di trotoar sambil membawa poster menunjukkan aksi protesnya. Para pembawa poster ini diapit oleh dua orang dengan payung warna hitam.

Tidakhanya Aliansi itu, tetapi aktifis dari LBH Semarang, AJI Semarang, PBHI Jateng, Jaker HAM, eLsa, Rumah Buku Simpul Semarang dan lainnya juga ikut terlibat.

Mereka menuntut pemerintah, segera mencabut tap XXV/MPR/tahun 1966 tentang larangan paham komunisme di Indonesia dan mendesak aparat penegak hukum untuk menghentikan stigma negatif terhadap korban tragedi 1965.

Muhammad Ghofar  koordinator aksi  proses rekonsiliasi mengatakan kebenaran saat ini masih berjalan dan belum ada keputusan resmi terkait pelarangan paham komunisme.

Alliansi masyarakat semarang sayang pancasila  berharap Pemerintah secepatnya menyelesaikan proses rekonsiliasi tragedi 1965. Pasalnya, pengungkapan kebenaran tragedi PKI yang menewaskan ribuan jiwa bisa terungkap dengan sebenarnya. (HN/RS)

 

164
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>