Sebarkan berita ini:
Ketua DPW IUMKM Indonesia Akumandiri Jateng Madiyo Sriyanto
Ketua DPW IUMKM Indonesia Akumandiri Jateng Madiyo Sriyanto

SEMARANG[SemarangPedia] – Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Indonesia Akumandiri berkomitmen akan terus mendorong pertumbuhan usaha para pelaku industri UMKM di berbagai daerah, untuk dapat bersaing di pasar Internasional.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IUMKM Indonesia Akumandiri Jawa Tengah Madiyo Sriyanto mengatakan  asosisasi ini sebagai wadah IUMKM akan terus mendorong pertumbuhan usaha mereka di berbagai daerah, sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing berbagai produknya baik di pasar domestik maupun ekspor.

Upaya itu, lanjutnya, akan dilakukan dengan memfasilitasi dan penataan hubungan antara UMKM dan pemerintah, perbankkan, pengusaha dan sesama UMKM.

“Pada prinsipnya kami siap memfasilitasi dan melakukan pendampingan permodalan untuk pengembangkan IUMKM para anggota di berbagai daerah di Jateng,” ujarnya, Jumat (8/12).

Menurutnya, tidak hanya itu para IUMKM juga akan diberikan pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas teknis, bantuan sebagai fasilitator permodalan usaha dengan menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan serta membantu pemasaran hasi produknya.

Aktivitas IUMKM, dia menambahkan selama ini memiliki peran penting hingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan sasaran penguatan ekonomi di daerah, di tengah krisis perekonomian global maupun nasional yang belum membaik hingga saat ini.

Dengan demikian, aktivitas Akumandiri Jateng diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku IUMKM di berbagai daerah di provinsi ini, untuk memperkuat akses mereka ke perbankkan, pemerintah, pengusaha, dan sekaligus untuk memperluas pasar produk unggulannya.

“Progam kerja Akumandiri bakal menjadi poin plus, bahkan akan menjadi lini terdepan dalam dunia IUMKM, dengan orientasi “action group”, sebagai upaya untuk mewujudkan peningakatan kesejateraan bagi IUMKM anggota,” tuturnya.

Data Pemprov Jateng menyebutkan hingga saat ini jumlah UMKM di provinsi ini mencapai sebanyak 7,8 juta unit dan tercatat 105.000 di antaranya yang sudah masuk ke dalam data base.

Sedangkan asosiasi wadah UMKM di provinsi ini mencapai puluhan dengan anggota ribuan pelaku UMKM, namun  seluruh program dan bantuan pemerintah melalui pinjaman bunga rendah untuk pelaku UMKM belum banyak terserap dengan baik.

Bahkan jika dengan pengoptimalkan data UMKM, maka skema pengembangan UMKM dapat lebih difokuskan sesuai dengan kebutuhan UMKM penerima.

Melihat kondisi itu, kata Madiyo, kini yang mendorong Akumandiri  hadir dengan ingin menunjukkan peran yang strategis dalam memperjuangkan IUMKM, dan membantu program pemerintah mulai dari pendataan anggota yang konkrit, penyuluhan dan pelatihan peningkatan teknis (kewirausahaan) sampai dengan pemasaran berbagai produk anggotanya

Sebagai wadah pelaku usaha kecil Akumandiri akan gencar melakukan pembinaan dan membantu pemasaran hasil-hasil produk mereka dan memberikan pemahaman tentang progam-progam pemerintah untuk pengembangan UMKM, yang diharapkan ke depan UMKM dapat lebih produktif , berkarakter dan hasil produksinya mampu bersaing di pasar Internasional.

3-Pengrajin Kriya“Saat ini Akumandiri Jateng memiliki empat  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) terdiri Semarang, Kudus, Jepara, Surakarta dan segera menyusul akan dibentuk 15 daerah lainnya yang diproyeksikan 2017 sudah melakukan kiprah dengan melaksanakan progam-progamnya,” ujar Madiyo.

Sementara itu, Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Hermawati Setyorinny, mengatakan Akumandiri merupakan organisasi profesi dan gerakan sosial ekonomi yang bersifat independent, tidak terikat dan atau mengikatkan diri kepada partai politik maupun kekuatan politik manapun. Bahkan berkomitmen tetap dengan nafas ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.

“Akumandiri berperan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial bagi pelaku industri usaha mikro kecil yang belum mempunyai legal serta ikut dalam penataan perekonomian di tingkat global,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan dengan hadirnya Akumandiri bisa membantu pemerintah dan para stekholder mengimplementasikan program-programnya bagi pelaku IUMKM di seluruh Indonesia, beserta program pemberdayaan masyarakat.

Sesuai dengan taglinenya  Tumbuh Bersama Meng-INDONESIA-kan INDONESIA, Akumandiri semakin meyakini visi pemerintahan ” Jokowi-Jusuf Kalla” untuk mewujudkan  Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.

Bagi pelaku IUMKM calon anggota yang berminat bergabung  dan yang sudah menjadi anggota bisa menghadiri kegiatan Akumandiri  untuk menperkenalkan visi misi dan program kerja Akumandiri yang akan digelar pada  21 Desember 2016 di Indomaret point lantai 2 Jln Pemuda Semarang.

 

 

192
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>