Sebarkan berita ini:

9-pabrik-sepatuSEMARANG[SemarangPedia] – Aktivitas sejumlah investor Korea yang menanam modalnya di Kabupaten Jepara kini terlihat telah mampu mendorong pertumbuhan perekonomian dan menyerap puluhan ribu tenaga kerja di wilayah itu.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan masuknya investor asing di Kabupaten Jepara semakin membuka ribuan lapangan kerja dan mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Menurutnya, PT Parkland World Indonesia, perusahaan asal Korea Selatan yang telah mendirikan usaha pabrik sepatu Adidas di  Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, kini masih terus membutuhkan tenaga kerja yang cukup besar, sehingga peluang pekerjaan yang diciptakan itu, sekaligus mampu menekan tingkat penggangguran.

“Kami sangat mengapresiasi Parkland World khususnya yang di Jepara serta Republik Korea, karena ada ratusan Penanaman Modan Asing (PMA) yang masuk ke Indonesia dan tersebar di berbagai daerah, termasuk di Jateng dengan sektor usaha padat karya telah mampu menyedot ribuan tenaga kerja,” ujarnya, di Semarang.

Perusahaan asal Korea Selatan Parkland World Indonesia berinvestasi sebesar Rp1 triliun dengan membangun pabrik sepatu yang berlokasi di Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara dan siap mempekerjakan 20.000 karyawan. Saat ini realisasi pembangunan tahap pertama perusahaan itu telah rampung dan resmi dioperasikan.

Penyiapan tenaga kerja yang potensial dan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan merupakan unsur penting, sehingga, pemerintah daerah, perusahaan, serta pihak terkait harus terlibat bersama untuk mengasah keterampilan dan keahlian para calon tenaga kerja.

“Akan lebih baik apabila pemda berkerja sama dengan pihak perusahan bersama-sama menyiapkan tenaga kerja. Misalnya bekerja sama dengan SMK di daerah setempat dan bisa melalui magang di perusahaan, sehingga bisa menambah pengetahuan dunia kerja,” tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, Jateng merupakan provinsi yang banyak dilirik investor asing, sehingga berbagai upaya harus dilakukan agar Jateng selalu menjadi daerah ramah investasi.

“Ramah investasi itu di antaranya pembangunan infrastruktur jalan secara bertahap,pembenahan pelayanan manajemen perizinan yang mudah dan cepat, serta menjaga kondusifitas wilayah,” ujarnya. (RS)

 

523
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>