Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Aliansi buruh Jateng kembali menggelar aksi di depan kantor Gubernur Jawa Tengah, di Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (24/11), dan diwarnai dengan pengiriman bunga baik untuk Gubernur Jateng maupun Wali Kota Semarang atas ketidak puasan mereka terhadap penetapan UMK 2018 Kota Semarang sebesar Rp 2.310.087 yang dirasa belum cukup mensejahterakan buruh dan keluarganya.

Puluhan buruh itu datang dengan membawa karangan bunga sebagai tanda duka cita atas matinya hati nurani Gubernur Jawa Tengah yang tidak peduli terhadap kesejahteraan buruh di wilayahnya pada umumnya dan Kota Semarang pada khususnya.

M Zainudin koordinator lapangan demo mengatakan aksi ini bentuk kekecewaan buruh di Jawa Tengah yang ternyata masih dimiskinkan secara sistematis dan terstruktur.

“Penetapan UMK 2018 dengan berpedoman  PP 78 masih menyengsarakan buruh, dari Wali Kota dan Bupati di Jawa Tengah masih mengikuti itu dan gubernur yang mempunyai hak menetapkan juga tidak berani bersikap,” ujarnya.

Menurutnya,. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pernah menandatangani kontrak sosial yang menyatakan akan menyelaraskan upah buruh dengan pembangunan, namun, kenyataannya dalam perjalanannya sebagai gubernur kontrak beliau nodai sendiri.

“Kami dari aliansi buruh menyatakan sikap akan mencabut dukungan kepada Ganjar dan partai politik yang tidak pro dengan buruh,’ tuturnya.

Dia menuturkan untuk langkah-langkah selanjutnya, Aliansi Buruh akan mendiskusikan dengan federasi dan konfederasi di Jawa Tengah, termasuk jika  mau menempuh gugatan.

Sebagian para bara buruh itu juga juga mengirimkan karangan bunga untuk Wali Kota Semarang, mereka tergabung dalam Aliansi Buruh Kota Semarang mendatangi Kantor Wali Kota Semarang.

Dalam orasi, buruh mengungkapkan kekecewaan terkait penetapan UMK 2018 yang hanya naik 8,7% dari UMK 2017. (AR/RS)

9
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>