Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan masa yang bergabung dalam wadah Aliansi Lawan Korupsi Jawa Tengah menggelar aksi di Jalan Pahlawan Semarang, Kamis (13/4),  sebagai bentuk keprihatinan atas aksi kekerasan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Aliansi Lawan Korupsi Jawa Tengah itu mengutuk upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus korupsi terus terjadi, terakhir penyiraman air keras kepada penyidik Novel Baswedan.

Seorang orator Aliansi Lawan Korupsi Jawa Tengah Rustam Effendi mengatakan selama ini Novel Baswedan dikenal sebagai penyidik yang berani dan tanpa pandang bulu menangani kasus korupsi.

Mereka juga mengutuk keras aksi keji dan dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab terhadap penyidik KPK tersebut. Bahkan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar memprioritaskan penanganan tindakan kejahatan terhadap penyidik KPK  dan memenjarakan pelaku hingga aktor intelektualnya.

Selain itu, mereka juga menuntut menghentikan segala upaya melemahkan KPK dalam bentuk apapun, yang bakal menganggu agenda dalam pemberantasan korupsi.

“Presiden Jokowi harus konsisten dengan Nawa Cita butir ke empat ‘menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya’,” ujarnya.

Aliansi Lawan Korupsi Jawa Tengah juga menyikapi tindakan premanisme yang dialami oleh Novel Baswedan dan meyakini tindakan kekerasan terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan berkaitan erat dengan kasus-kasus besar yang sedang diusut KPK dan bagian dari pelemahan KPK secara sistematis dan massif dilakukan oleh para Koruptor.

“Kami mendesak Kepolisian untuk segera mengusut kasus ini sampai tuntas,” tutur Rustam.

94
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>