Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Dies Natalis ke- 54 Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (‎Akpelni) Semarang pada 2018 berlangsung meriah, dengan menggelar berbagai kegiatan di antaranya kompetisi olahraga.

Bahkan pada momen itu, sekaligus meresmikan sebuah ‘Tugu Jangkar’‎ yang terpampang di samping pintu masuk akademi pelayaran yang berlokasi, di Jalan Pawiyatan Luhur, Semarang itu, Senin (17/9).

Tugu Jangkar itu, merupakan jangkar kapal asli dari tanker yang sudah tidak terpakai lagi di Surabaya dan dibawa khusus Corps Alumni Pertamina Shipping.

Direktur Akpelni Semarang Capt Achmad Sulistyo meresmikan Tugu Jangkar pemberian dari alumni tersebut. Tepat 17 September 1964 yang lalu, Akpelni telah hadir di Semarang.

“Kami senang para  alumni bisa mengenang kembali almamaternya dan datang berkunjung untuk membesarkan  Akpelni,” ujarnya.

Selain itu, sebanyak 200 perwakilan taruna-taruni Akpelni juga mendapatkan edukasi keamanan dan keselamatan pelayaran sebagai bekal setelah lulus sekolah.

Menurut Sulistyo, tema itu diangkat karena bersamaan akan digelar acara wisuda ke-42 yang dijadwalkan berlangsung 21 September mendatang, yang diharapkan para lulusan Akpelni bisa lebih mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia pelayaran dan mengerti dan mampu menjawab tantangan bidang maritin yang saat ini digalakkan pemerintah.

“Program pemerintah yang memiliki misi Indonesia menjadi poros maritim dunia, membuat kami tergerak untuk menyiapkan lulusan terbaik. Apalagi program tol laut akan menambah ratusan kapal dan beberapa liner pelayaran. Bahkan  Akpelni siap menyalurkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan tambahan ilmu terkait keamanan dan keselamatan pelayaran dalam seminar ini,” tuturnya.

Hadir sebagai narasumber di acara tersebut perwakilan dari KSOP Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, pengamat transportasi dari Unika, dan Direktur Dharma Lautan Utama. Selain itu beberapa alumni juga diundang untuk memberikan inspirasi dan pengalaman di dunia kerja kepada para taruna-taruni yang datang.

Sebelum seminar dimulai para alumni secara resmi memberikan Tugu Jangkar itu, menurut Wakil Ketua Corps Alumni PT Pertamina Shipping, Pardiansyah, pemberian Tugu Jangkar Kapal seberat 3.000 kg dan setinggi tiga meter itu sudah lama direncanakan sejak 2006.

Di bawah Tugu Jangkar tersebut juga terdapat tulisan ‘Pelaut yang tangguh tak terlahir dari lautan yang tenang tetapi melalui terpaan badai dan terjangan gelombang’. Tulisan itu untuk memberikan semangat kepada para juniornya untuk dapat terus mengejar cita-citanya.

Saat ini, dia menambahkan sudah terdapat sekitar 83 perwira dari dari Akpelni Semarang yang bergabung ke dalam Pertamina Shipping dan harapannya bisa terus‎ bertambah.

Dia menuturkan untuk mencapai kesuksesan itu butuh kerja keras, disiplin dan berdoa. Tidak ada kesuksesan yang datang begitu saja. Alumni juga berencana akan memberikan ‎Mini Liquid Cargo Handling Simulator untuk belajar para taruna. (RS)

21
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>