Sebarkan berita ini:
Alun-Alun Semarang Tempo Dulu
Alun-Alun Semarang Tempo Dulu

SEMARANG[SemarangPedia] – Alun-alun di kawasan Kanjengan depan Masjid Agung Semarang yang lenyap beberapa tahun lalu dan disulap menjadi pertokoan Yaik Permai, kini Pemkot Semarang berupaya akan kembali, membangun alun-alun itu untuk wisata belanja dan budaya.

Pengembalian alun-alun itu tersirat pada Seminar Nasional Detail Engineering Design (DED) Revitalisasi Pasar Johar, yang digelar di lawang Sewu, Kamis. (24/11)

Konsultan Perencana DED Pasar Johar, Muhamad Nur Gito mengatakan alun-alun akan dibangun lagi di atas lahan seluas 10.327 meter persegi dan ke depan dibuka untuk masyarakat umum.

Alun-alun  itu, lanjutnya, akan dibangun modern karena dibawahnya (Besment) akan dibuat bangunan gedung untuk areal parkir kendaraan bermotor, termasuk mobil pengunjung.

“Alun-alun yang dibangun di tempat yang sama sebelum alun-alun lama dihilangkan dan alun-alun baru itu ke depan juga menjadi wisata belanja dan budaya,” ujarnya.

Sementara, dia m,enambahkan untuk pembangunan Pasar Johar baru akan dibangun enam lantai dengan kapasitas daya tampung sebanyak 7.000 pedagang.

Menurutnya, pasar Johar baru dibangun tidak dengan konsep mall atau pasar modern, tetapi tetap pasar tradisional atau pasar grosir.

“Desainnya hingga saat ini sudah hampir final, hanya menunggu dinas pasar untuk melakukan zonasi pedagang. Bahkan pasar itu juga dibangun penghubung di lantai tiga untuk bangunan parkir yang ada pasarnya, sehingga lantai tiga nilainya sama seperti lantai dasar,” tuturnya.

Pasar Johar Semarang, yang merupakan pasar terbesar di Jawa Tengah ludes akibat kebakaran hebat pada 9 Mei 2015, hingga 4.917 pedagang dari sekitar 8.000-an kios kehilangan tempat berjualan.

Sebagai pasar tradisional terbesar di Jawa Tengah sekaligus cagar budaya yang menyimpan banyak sejarah perjalanan bangsa, kebakaran Pasar Johar harus ditangani secara serius. Bahkan diharapkan pembangunan baru tetap memperhatikan konsep konsep Green Building.

301
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>