Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri raih gelar doktor, setelah dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dalam ujian promosi doktor (S3) Prodi S3 Administrasi Publik Fisip Undip, di gedung Pascasarjana Undip Jalan Imam Bardjo, Semarang, Kamis (8/11).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berhasil merampungkan disertasi dengan judul “Manajemen Partai Politik dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Baik (Studi Kasus PDI Perjuangan Kota Semarang, Kota Surakarta dan Kabupaten Purbalingga 2015).

Alwin dalam pemaparannya penelitian yang dilakukan terhadap PDIP di Kota Semarang, Kota Surakarta dan Kabupaten Purbalingga, diharapkan fungsi rekruitmen dan fungsi mobilisasi dapat terlaksana.

Fungsi rekruitmen PDIP dilaksanakan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan inovasi, sedangkan mobilisasi dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan inovasi.

Alwin menuturkan rekomendasi sekolah calon kepala daerah akan menjadi solusi dalam memaksimalkan peran seluruh organ partai dan relawan dengan tetap menggerakkan struktur di daerah serta pusat dalam hal pelaksanaan dan pengawasan.

Alwin yang berhasil lulus dengan nilai Sangat Memuaskan 3,74 berhadapan dengan sejumlah penguji, salah satunya pakar administrasi dan kebijakan publik Prof Sri Suwitri.

Usai sidang promosi, Alwin mengatakan pentingnya manajemen partai politik dalam tahapan pemilu.

Hal itu, menurutnya, mengacu pada fungsi partai politik sebagai sarana rekruitmen dan mobilisasi.

“Saya menggagas buku sebagai panduan sekolah partai yang ditujukan bagi kader partai dan calon kepala daerah yang akan maju melalui partai. Demi mencapai pemerintah daerah yang baik diperlukan perencanaan, perngorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang baik juga,” ujarnya.

Dia menuturkan sekolah profesional manajemen partai tersebut, bakal menjadi panduan bagi kader partai di Indonesia.

Gagasan tentang sekolah manajemen partai mendapatkan dukungan dari Prof Suwitri. Melalui pesan yang disampaikan pada pidato penutup, Suwitri berharap supaya gelar yang melekat pada Alwin akan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.

Prof Suwitri mengatakan sesuai dengan tekad Alwin, sekolah tersebut diharapkan berkembang pada lima tahun mendatang.

Dia berharap jika sekolah profesi politikus akan mendapatkan kurikulum dan terdaftar pada Dirjen Dikti.

“Sekolah profesi politikus benar-benar handal karena kurikulumnya, mempunyai analisis politik, ideologi, sosial, hankam, dan budaya, sebagaimana Lemhamnas – nya partai,” tuturnya. (RS)

9
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>