Sebarkan berita ini:

14-perbaikan-jalanSEMARANG[SemarangPedia] – Anggaran infrastruktur di Jateng masih menjadi prioritas yang masuk dalam Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017, sebagai untuk mempercepat pembangunan peningkatan kualitas jalan milik propinsi di wilayah perbatasan.

Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri mengatakan dalam RAPBD 2017, anggaran pembangunan infrastruktur masih diprioritaskan untuk  perbaikan/peningkatan kualitas jalan.

Menurutnya, prioritas peningkatan jalan itu akan masih akan difokuskan di wilayah perbatasan propinsi Jateng.

“Untuk anggaran infrastruktur pada 2017 masih prioritas perbaikan/peningkatan jalan terutama titik krusial di daerah perbatasan provinsi seperti Sragen dan Blora,” ujarnya, di Semarang.

Sebagai upaya peningkatan jalan, mulai 2017 seluruh jalan milik Pemprov Jateng minimal memiliki ruang milik jalan (rumija) selebar tujuh meter dengan standarisasi jalan yang sudah ditentukan.

Langkah itu, dia menambahkan dilakukan, setelah disahkannya Perda tentang Standarisasi Jalan Kolektor Primer dan Sekunder di Provinsi Jawa Tengah, dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jateng pada 3 Oktober lalu.

Dia menuturkan pelebaran jalan propinsi minimal tujuh meter itu berpengaruh terhadap alokasi anggaran pembangunan jalan yang bertambah.  Standarisasi jalan itu diperluhan untuk keamanan dan kelaikan jalan.

“Pemprov sudah sepakat, dan ini sesuai dengan program gubernur,” tuturnya.

Standarisasi jalan itu, lebar tujuh meter terdiri atas jalur lalu lintas (satu arah) 2,5 meter, bahu jalan 0,5 meter, median jalan minimal 1 meter, serta harus ada pemisah jalur atau marka jalan.

“Lebar jalan milik pemprov minimal harus tujuh meter. Untuk pelengkap ada saluran drainase minimal dua meter, penerangan jalan, pohon perindang, dan rambu-rambu,” ujarnya. (RS)

 

88
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>