Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng memperkirakan serangan angin kencang maupun puting beliung masih akan terjadi di sejumlah wilayah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Sarwa Pramana mengatakan serangan angin kencang maupun puting beliung diperkirakan masih akan terjadi di sejumlah wilayah.

Menurutnya, dalam dua pekan terakhir ini, bencana angin puting beliung terjadi di sejumlah kabupaten/kota. Namun, serangan angin tersebut tidak akan menimbulkan korban jiwa.

“Serangan angin putting beliung yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah tidak sampai menimbulkan korban meninggal. Namun, serangan puting beliung bisa merobohkan sejumlah pohon dan berpotensi menimpa beberapa mobil, motor dan bangunan tertimpa di sekitarnya,” ujarnya di Semarang.

Sedangkan bencana banjir, lanjutnya, sejumlah daerah masih dilanda, meski tidak menimbulkan korban jiwa. Daerah yang terjadi banjir di antaranya kabupaten di wilayah pantura dan sebagian Jawa Tengah bagian selatan.

“Banjir yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini terdapat di wilayah Kabupaten Demak, Kudus. Selain, banjir juga akan terjadi di wilayah Banyumas, Karanganyar dan Wonogiri. Namun, banjir itu tidak besar dan masih bisa ditangani bantuan dari BPBD kabupaten,” tuturnya.

Namun, dia menambahkan , wilayah Kabupaten Blora yang selama ini tidak masuk dalam daftar rawan bencana banjir, tahun ini ternyata juga terimbas luapan banjir sungai Lusi di wilayah sejumlah kecamatan.

“Tidak terbayangkan sama sekali jika sebagian wilayah Blora meliputi Kecamatan Kunduran dan Todanan beberapa waktu lalu dilanda banjir besar, akibat meluapnya sungai Lusi yang melintas daerah tersebut. Selama ini, dari perkiraan kami hanya wilayah Cepu yang dilanda banjir akibat luapan sungai Bengawan Solo,” paparnya. (RS)

 

92
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>