Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Dinas Perhubungan Dan Komunikasi Informatika  (Dishubkominfo) Jateng membuka posko mobile terpadu di wilayah Pantura Barat, sebagai upaya untuk mengantisipasi ledakan pemudik pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah yang jatuh beriringan dengan libur reguler (10 – 12 September 2016).

Kepala Dishubkominfo Jawa Tengah Satrio Hidayat mengatakan pihaknya sudah membuka sejumlah posko-posko mobile terpadu yang berada di beberapa titik rawan kemacetan di wilayah Pantura Barat Jawa Tengah.

Menurutnya, sejumlah posko itu didirikan di Pejagan – Klonengan, Ketanggungan – Slawi, Kaligangsa – Simpang Maya, Pemalang – Randudongkal, dan Pemalang – Wiradesa.

“Posko itu untuk meningkatkan koordinasi pantauan lapangan terpadu. Kami juga sudah menyiapkan nomor hotline call/WA/SMS centre 08112790123 dan sudah aktif terhitung mulai hari ini. Untuk sosialisasinya akan dilakukan melalui SMS broadcast dan media cetak serta elektronik,” ujarnya  dalam rakor persiapan Idul Adha 2016 di ruang rapat gedung A lantai II Kantor Gubernuran, Semarang, Selasa. (6/9)

Selain pengalihan arus jalan alternatif, lanjutnya, beberapa antisipasi yang telah dilakukan adalah penempatan personel di daerah rawan macet, perlintasan KA, hingga jalan arteri.

“Lalu pengaturan waktu siklus alat pemberi isyarat lalu lintas, pengaturan antrean masuk SPBU, pelayanan BBM mobile, hingga pengawasan operasional angkutan barang dan layanan kesehatan 24 jam,” tuturnya.

Dia menuturkan sesuai arahan Menteri Perhubungan dalam rapat di Jakarta beberapa waktu lalu, sejumlah hal seperti manajemen operasional lalu lintas dilakukan oleh kepolisian. Pengendalian arus lalu lintas dari Jakarta di ruas jalan tol dilakukan mulai Cikarang sampai dengan Brebes.

“Pengendalian lokasi tempat memutar kendaraan (Uturn) di jalan arteri diawasi oleh Dishub dan pelarangan operasional angkutan barang lebih dari 2 sumbu pada 9-12 September mendatang sesuai surat keputusan dari dirjen perhubungan,” ujarnya. (RS)

 

106
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>