Sebarkan berita ini:

PEKALONGAN[SemarangPedia] – Apel Kebangsaan yang akan diikuti 100.000 peserta dari berbagai elemen masyarakat di Jawa Tengah akan digelar di Semarang pada 17 Maret mendatang.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, KH Taj Yasin Maemun mengatakan dalam apel akbar itu akan dikumandangkan komitmen bersama masyarakat Jateng untuk meningkatkan keamanan dan persatuan yang saat ini ada indikasi diganggu oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan terciptanya ketentraman masyarakat Jateng

“Kita sama-sama berharap agar dengan adanya Apel Kebangsaan ini, semuanya terdorong untuk bisa saling meningkatkan keamanan dan menjaga persatuan, sekaligus melestarikan semangat gotong royong,” ujarnya saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Apel Kebangsaan di kediaman Habib Lutfi, di Kota Pekalongan, Kamis (21/2)

Menurutnya, peserta apel itu meliputi kalangan pelajar, mahasiswa, santri, tokoh-tokoh agama, akademisi, komunitas seni budaya dan berbagai elemen masyarakat lainnya. Dengan adanya apel ini, diharapkan akan meningkatkn kewaspadaan dini masyarakat, mengingat aksi-aksi yang meresahkan masyarakat beberapa waktu lalu sudah muncul di Kendal dan Semarang dan Temanggung

Agenda acara yang disiapkan untuk memeriahkan kegiatan itu, lanjutnya, panggung seni dan sholawatan. Selain itu juga ada tarian lintas agama yang menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika.

Dia menuturkan hampir dipastikan akan hadir pula dalam apel itu di antaranya  Rois Aam  Idarah Aliyah Jamiyyah Ahli Thariqah Al Mu’tabarah an Nahdliyyah (Jatman), KH Habib Lutfi bin Ali Yahya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Romo Budi, Kyai Maimun Zubair dan tokoh-tokoh masyarakat lintas agama lainnya .

Ketua DPRD Jateng , Rukma Setyabudi mengatakan sangat apresiatif dengan penyelenggaraan Apel Kebangsaan itu. Diharapkan dengan adanya komitmen bersama dalam kegiatan itu, maka kondisi Jateng semakin kondusif, aman, nyaman dan tetap rukun dalam keberagaman.

“Untuk itu, saya sepakat bahwa kelompok-kelompok yang mengancam keamanan itu diposisikan  sebagai musuh bersama. Berkait dengan itu saya berharap kegiatan siskamling terus ditingkatkan untuk saling guyub antar masyarakat,” tuturnya

Dalam Rakor  Persiapan Apel Kebangsaan di Kediaman Habib Lutfi, di Jalan Dr Wahidin Kota Pekalongan juga hadir Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Seno Aji, Kodim Semarang dan beberapa Forkompinda Jateng serta para ulama-ulama lintas agama. (SMH/RS)

21
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>