Sebarkan berita ini:
ilustrasi
ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng berkomitmen akan memberikan peluang bagi para siswa SMK untuk melakukan pelatihan dan magang di sejumlah perusahaan anggota asosiasi itu.

Ketua Apindo Jateng, Frans Kongi mengatakan, pihaknya memberi kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk melakukan pelatihan dan magang di perusahaan.

Menurutnya, melalui pelatihan maupun magang akan mendapatkan keuntungan bersama baik bagi siswa yang bersangkutan maupun dari pihak perusahaan.

“Anggota Apindo sangat mendukung adanya pelatihan dan magang, karena, melalui kegiatan itu bagi siswa ke depan akan memiliki bekal untuk terjun di pekerjaan,” ujarnya usai rapat koordinasi (Rakor) Ketenagakerjaan di kantor Dinas Ketenagakerjaan, Tansmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (26/7).

Sedangkan bagi perusahaan, lanjutnya, juga beruntung karena melalui magang itu, siswa tidak perlu lama lagi untuk menyesuaikan dunia kerja di industri maupun perusahaan.’

Dia menuturkan siswa SMK yang telah mengikuti magang akan diberikan sebuah setifikat dari perusahaan bersangkutan yang menyatakan mereka telah mengikuti pendidikan keterampilan.

“Kami Apindo berkomitmen memberikan kesempatan kepada siswa dan akan memberikan sertifikat kompetensi bagi peserta magang dengan penilaian sesuai kemampuan siswa, sehingga, jika mereka lulus sudah menjadi modal untuk terjun di dunia industri,” tuturnya.

Bagi siswa lulusan SMK, dia menambahkan masih banyak peluang untuk bekerja di industri padat karya seperti perusahaan garmen yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Untuk lulusan SMK memiliki keterserapan hingga 100% di industri padar karya, seperti sektor garmen, tekstil dan lainnya yang saat ini masih memebutuhkan tenaga produksi, tenaga teknik mesin, dan tenaga lainnya yang masih banyak dibutuhkan di industry padat karya,” ujarnya. (RS)

88
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>