Sebarkan berita ini:

27-Ketua ApindoSEMARANG[SemarangPedia] -Kalangan pengusaha di Jawa Tengah menyambut positif reshufle kabinet jilid II Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai memiliki pengalaman di bidang ekonomi.

Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi perombakan kabinet jilid II Jokowi akan mampu memberikan angin segar kepada kalangan pengusaha di Indonesia, yang sebelumnya berjalan lambat.

Menurutnya, sejumlah Menteri di bidang ekonomi yang baru diumumkan Presiden Jokowi, memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membawa perubahan perekonomian nasional ke depan.

Dia mencontohkan, Sri Mulyani yang kembali diangkat menjadi Menteri Keuangan dalam kabinet Jokowi-JK  jilid, melalui kebijakan-kebijakan mendatang akan mampu memberikan dampak positif bagi dunia usaha di Indonesia.

“Presiden Jokowi memilih Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan sangat tepat. Karena, selain yang bersangkutan cerdas, juga memiliki pengalaman masalah keuangan di masa pemerintahan SBY beberapa tahun lalu.

Selain itu, lanjutnya, juga memiliki pengalaman berkiprah di dunia internasional menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia,” ujarnya kepada semarangpedia.com, Rabu (27/7).

Tidak hanya Menteri Keuangan, dia menambahkan  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang dipercaya Jokowi menggantikan Thomas Lembong diharapkan juga mampu membawa perubahan terkait kebijakan perdagangan.

“Enggartiasto ini memiliki latarbelakang pengusaha, jadi kami yakin, dia mengetahui bagaimana persoalan pengusaha yang dihadapi dan diharapkan, input harga yang murah, stabilkan harga dan menekan gejolak dolar AS bisa dilakukan,  sehingga ekonomi tidak terguncang,” tuturnya.

Selain itu, Frans Kongi juga menyambut baik pengangkatan Airlangga Hartato menjadi Menteri Perindustrian. Pengusaaha mengharapkan Menteri Perindustrian harus mengerti betul dunia perindustrian di Indonesia.

“Kami berharap untuk Menteri Perindustrian, melalui kebijakannya bisa mendukung dunia usaha di Indonesia seperti kebijakan menyangkut bea masuk harus dikurangi, pajak dan lainnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet jilid II, yang telah diumkan Rabu siang (27/7) di Istana Negara. Ada sejumlah menteri ekonomi yang di geser dan masuk yang baru.

Menteri Ekonomi Baru Kabinet Kerja Jilid II :

  1. Sri Mulyani Indrawati: Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro
  2.  Budi Karya Sumadi: Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan
  3. Enggartiasto Lukito: Menteri Perdagangan menggantikan Thomas Lembong
  4. Erlangga Hartarto: Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin
  5. Archandra Tahar: Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said

 

 

 

 

55
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>