Sebarkan berita ini:

3-mobil MPVSEMARANG[SemarangPedia] – Kalangan Agen Pemegang Merek (APM) bersaing saling menawarkan mobil segmen Multi Purpose Vihicle (MPV) yang belakangan paling diminati konsumen di pasar dalam negeri.

Mobil jenis MPV atau dikenal kendaraan serbaguna dengan segala variannya dari kelas sederhana hingga kelas atas semakin ramai ditawarkan sejumlah APM, mereka bersaing untuk merebut porsi pasar itu.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan minat sebagian besar konsumen di Indonesia pada segmen mobil MPV terus meningkat, baik kelas bawah maupun medium.

“Konsumen lebih memburu mobil yang mempunyai kapasitas tujuh penumpang dan karakteristiknya sesuai dengan kondisi tanah air,” ujarnya.

Menurutnya, pasar MPV belakangan mendominasi pasar, dibandingkan dengan segmen lainnya, MPV terlihat lebih dinamis, sehingga jumlah industri mobil dengan memproduksi jenis MPV terus bertambah dengan menampilkan varian-varian barunya.

Pabrik otomotif Korea, Jepang, Eropa, dan AS pun terus membanjiri pasar Indonesia, mamun tidak semua produk atau APM sukses bertahan menikmati ceruk pasar itu.

Data menunjukkan PT Toyota Astra Motor (TAM) masih bertahan sebagai market leader dengan berbagai produk andalannya terdiri  Avanza di segmen low MPV, Kijang Innova di segmen medium MPV, dan Alphard di segmen luxury MPV.

Total penjualan segmen MPV secara nasional dari Januari hingga Maret 2016 sudah mencapai sebanyak 95.319 unit, dan TAM menguasai 53,4%, atau lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama 2015 hanya sebesar 45,4%, sisanya dinikmati merek lain mencakup Daihatsu, Suzuki, Nissan, Honda, dan lainnya.

Jongkie menuturkan  APM yang bermain di segmen MPV perlu lebih cermat melihat dinamika kebutuhan konsumen agar produk mereka tetap disukai,  baik melalui perubahan desain maupun meluncurkan produk baru untuk mengembangkan segmen tersendiri. Pilihannya tentu diserahkan pada kekuatan masing-masing pelaku industri.

TAM, misalnya, telah meluncurkan produk terbarunya, Toyota Sienta, yang diperkenalkan sebagai kendaraan dengan konsep Multi Activity Vehicle (MAV).

Mobil ini masuk kategori MPV, Sienta dikembangkan dengan konsep yang berbeda dari MPV sebelumnya. Sienta lahir dengan konsep baru yang lebih menekankan pada multi activity dibandingkan dengan multi purpose.

112
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>