Sebarkan berita ini:

24-Petani tebu1SEMARANG[SemarangPedia] – Kalangan petani tebu di sentra produksi Jateng tidak keberataan dengan kebijakan pemerintah akan melakukan impor raw sugar (gula mentah) sebanyak 381.000 ton, guna memenuhi kebutuhan sejumlah pabrik, menyusul pasokan gula  di berbagai daerah semakin menyusut.

Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Jateng Sukadi Wibisono mengtakan kebijakan pemerintah akan merealisasikan impor raw sugar itu merupakan langkah positif, di tengah pasokan gula di daerah semakin langka.

Impor gula mentah, lanjutnya, yang dilakukan pemerintah bersamaan dengan musim giling tahun ini tidak mengerdilkan semangat para petani, karena tidak berdampak besar terhadap kerugian petani.

Menurutnya, jika tidak dilakukan impor gula mentah akan terjadi defisit produksi gula yang cukup signifikan dan diprediksi produksi gula nasional sepanjang 2016 hanya di angka 2,2 juta ton, sementara kebutuhan gula untuk konsumsi mencapai 2,6 juta ton.

Dengan analogi di atas, dia menyakini upaya pemerintah mengimpor raw sugar merupakan langkah tepat untuk mengurangi kekurangan pasokan gula di pasaran.

“Sekarang saja, gula semakin langka di pasaran, bahkan kalaupun ada harganya melambung tinggi. Bahkan jika tidak dioakukan impor, masyarakat luas akan kesulitan memperoleh kebutuhan pangan itu,” ujarnya, Selasa. (24/5)

Kendati menyetujui impor gula, Sukadi mengingatkan jaminan pabrik gula untuk membayar pendapatan kepada petani tebu setara dengan rendemen 8,5% harus benar-benar terealisasi. Kebijakan itu sekaligus untuk menstabilkan harga gula kristal putih.

Selain itu, dia menambahkan APTRI akan meminta kepada pemerintah agar tidak melakukan impor raw sugar berlebihan yang berpotensi merugikan ribuan petani tebu di daerah.

“Saya tidak ingin kejadian impor raw sugar pada 2013-2014 terulang, pasokan berlebih sehingga merugikan petani yang tidaka sedikit nilainya,” tuturnya.

135
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>