Sebarkan berita ini:

25-Sapi ImporrCILACAP[SemarangPedia] – Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap menglami peningkatan dan didominasi oleh arus bongkar hewan ternak, terutama sapi impor yang didatangkan  PT Citra Agro Buana Semesta dari Australia.

GM PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap Fariz Hariyoso mengatakan arus bongkar muat di Tanjung Intan meningkat sejak Januari hingga Juni 2016 dan didominasi impor hewan ternak sapi dari Australia.

Ribuan sapi impor itu, lanjutnya, akan didistribusikan ke wilayah Jawa Barat untuk memenuhi kebutuhan sapi di provinsi itu, termasuk menjelang Lebaran ini sejumlah pedagang dan peternak membutuhkan pasokan daging sapi cukup banyak.

“Pendistribusian dilakukan setelah sebelumnya melalui prosdes karantina selama 14 hari di Pelabuhan Cilacap, meliputi kegiatan pengamatan, pengasingan, perlakuan, pengambilan sampel darah kemudian pemeriksaan di laboratorium dan setelah dinyatakan sehat oleh Dokter Hewan Karantina, selanjutnya sapi-sapi itu bisa ibawa ke tempat penggemukan di Malangbong, Jawa Barat,” ujarnya, Sabtu. (25/6)

Hingga pertengahan tahun ini, lanjutnya, aktivitas bongkar sapi impor di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, terus menggeliat seiring dengan meningkatnya permintaan peternak maupun pedagang daging sapi.

Periode Januari hingga Juni 2016 tercatat total bongkar hewan ternak sapi di Pelabuhan Tanjung Intan mencapai sebanyak 7.870 ekor, meningkat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Semua sapi itu merupakan impor dari Australia.

Hewan ternak sapi yang dibongkar di Tanjung Intan Cilacap itu merupakan sapi yang diimpor dari Austraalia oleh PT Citra Agro Buana Semesta, Jawa Barat, perusahaan yang ditunjuk Pemerintah Pusat dalam kebijakan impor sapi, untuk menekan gejolak harga menjelang Lebaran ini.

 

240
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>