Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Arus kendaraan pemudik di jalur pantura yang memasuki wilayah Jateng mulai meningkat dan masih didominasi kendaraan pribadi dari arah barat Jakarta pada H-3 Lebaran ini.

Peningkatan arus kendaraan terjadi di jalur pantura Batang – Kendal serta ruas tol fungsional Batang yang berakhir di Exit Tol Gringsing.

Untuk mengurangi kepadatan kendaraan petugas mulai menyarankan kendaraan dari arah barat untuk sementara di alihkan ke jalur lingkar Weleri, sedangkan pemudik dengan tujuan Magelang, Yogjakarta disarangkan memanfaatkan jalur alternatif bisa melalui kota Weleri dan belok kanan ke arah Sukorejo dan Temanggung.

Sementara kendaraan yang masuk jalur pantura Kabupaten Kendal oleh petugas dialihkan ke jalan lingkar untuk mengantisipasi, dan menghindari terjadi penumpukan kendaraan terutama di jembatan Kalikuto perbatasan Batang –Kendal.

Kepala Pos Pam Larasari  AKP Ujang Syamsudin menuturkan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur pantura wilayah Weleri teah dilakukan rekayasa lalu lintas, dengan mengalihkan seluruh kendaraan ke jalur lingkar.

Menurutnya, kepadatan arus lalu lintas mulai terlihat pada jam-jam tertentu dalam satu hari sebanyak tiga hingga empat kali terjadi penumpukan kendaraan yang sangat luar biasa, terutama kendaraan yang keluar dari tol exit Gringsing.

Kendaraan dari arah barat menuju ke timur diberlakukan sistem contra flow 3-1. Yakni untuk mengurangi kepadatan penumpukan kendaraan di pintu keluar tol Exit Gringsing, bagi kendaraan yang akan melanjutkan ke arah timur Semarang mapun Jawa Timur.

“Untuk mengatisipasi kemacetan di pasar Weleri semua kendaraan diarahkan ke jalur lingkar. Jika terjadi kepadatan arus lalu lintas, maka jalur yang melalui kota kami buka untuk mengurai kemacetan,” ujarnya.

95
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>