Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemarangPedia] – Bermain game tidak hrus berbasis digital lewat smartphone, PC ataupun console game lainnya. Ternyata dengan bermain boardgame pun juga bisa sangat mengasyikkan.

Seperti yang dilakukan Komunitas Boardgame (Kobar)Semarang. Komunitas ini mencoba memperkenalkan alternatif game yang bisa mengasah kreativitas.

“Permainannya cukup mudah dipahami, untuk party game tidak butuh konsentrasi tinggi. Ada juga game yang butuh konsentrasi tinggi,” tutur David Kurniawan, anggota Kobar kepada SemarangPedia.com, akhir pekan lalu.

Boardgame ini memang memiliki karakteristik tersendiri baik dari desain game yang ditampilkan, tema dan peraturan permainannya.

Alfons Christian Hardjana Anggota Kobar lainnya mengatakan dalam mekanisme permainan boardgame, para player dituntut aktif berkomunikasi. Selain itu taktik dan strategi juga harus dipersiapkan dengan matang, sehingga kemenangan mutlak dapat diperoleh.

Processed with VSCO

Bordgame ini bisa mengasah kemampuan berpikikir, analisis startegi, teliti dan bisa menumbuhkan rasa keakraban dengan satu sama lain,” ujarnya.

Menurutnya, selain mengasah kreativitas dan interaksi sosial, boardgame bisa menjadi industri kreatif.

“Salah satu anggota Kobar, Radiva Hera Oktiaga finalis kompetisi boardgame tingkat nasional sudah menciptakan boardgame lokal asli Semarang bernama Zombie Space,” tutur Alfons.

Radiva Hera Oktiaga finalis boardgame tingkat nasional ini mengatakan saat ini dirinya sedang menyelesaikan proyek dua boardgame terbarunya. Salah satunya Balap Kuliner

“Kita ingin boardgame bisa sebagai altetnatif game baru selain game digital sekaligus menjelaskan manfaat- manfaat game ini ke masyarakat,” ujarnya. (RS)

168
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>