Sebarkan berita ini:

5-DAUSEMARANG[SemarangPedia] – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diminta untuk menghemat anggaran, menyusul dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 125/PMK.07/2016 tentang Penundaan Penyaluran Sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2016.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan anggaran DAU yang diberikan untuk Jawa Tengah ditunda hingga Desember mendatang  dengan nilai Rp 84 miliar per bulan, sehingga total mencapai Rp 366 miliar.

Kondisi itu,lanjutnya, diperlukan upaya penghematan mutlak jajaran ASN. Bahkan kalau perlu kegiatan yang tidak terdapat pada program pemerintah propinsi, pemerintah kabupaten/kota hendaknya segera dihapus.

“Perlu perhitungan cermat. Saya tidak ingin Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak gajian. Dengan adanya penundaan itu, saya semua  pegawai bisa melaksanakan, memaknai dan bisa ikut berhemat. Kencangkan ikat pinggang. Kalau tidak penting tidak usah dilakukan, terutama pengeluaran yang tidak ada pada program pemerintah,” ujarnya saat apel pagi di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (5/9).

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK.07/2016 tentang Penundaan Penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2016. Peraturan Menteri Keuangan ini ditandatangani pada 16  Agustus  2016 oleh Menteri Keuangan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan  itu, pemerintah akan memangkas Rp19,418 triliun DAU untuk 169 daerah, terdiri dari  143 kabupaten/kota  dan 26 provinsi. Pemerintah daerah yang mendapat penundaan penyaluran DAU paling besar di antaranya Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 336,8 miliar, Provinsi  Jawa Timur sebesar Rp302,9 miliar, dan diikuti oleh Kabupaten Bogor sebesar Rp 347,2 miliar, Kabupaten Garut sebesar Rp 327,6 miliar serta Kota Bandung sebesar Rp 302,8 miliar. (RS)

90
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>