Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Keterwakilan perempuan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tingkat DPRD Jawa Tengah, mencapai 40,6% dalam rekapitulasi bakal calon legislatif (bacaleg) periode 2019-2024.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan keterwakilan perempuan Pileg 2019 tingkat DPRD Jatenjg sudah mencapai 40,6% dalam rekapitulasi bacaleg periode 2019-2024 dan tercatat  dari 1.374 orang yang mendaftar sebagai bacaleg, 558 orang di antaranya adalah perempuan.

Menurutnya, keterwakilan perempuan untuk Pemilihan Legislatif 2019,  tertinggi ada di daerah pemilihan (dapil) Jateng 6 mencapai 43,1%, sedangkan terendah ada di Dapil Jateng 1 hanya 37,3%.

Dengan melihat persentase, lanjutnya, keterwakilan perempuan di setiap dapil itu, menunjukkan jika posisi perempuan sangat menentukan. Apabila ada calon perempuan yang mundur atau syarat tidak lengkap, maka partai harus mencari penggantinya.

“Jika yang tidak memenuh syarat itu perempuan atau mundur dan menyebabkan kuota kurang dari 30%, harus diganti. Tapi kalau tidak berpengaruh, ya tidak perlu diganti, mengingat di dapil DPR RI, jumlah kursi dan dapilnya semua DPRD serta jumlah kursinya itu menjadi bagian tidak terpisahkan sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Ssuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dia menambahkan setiap partai politik mengajukan perempuan lebih dari batas minimal kuota yang ditentukan. (RS)

 

12
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>