Sebarkan berita ini:

31-Mie BelitungSEMARANG[SemarangPedia] – Berkunjung ke Festival Bakmi Nusantara, Sri Ratu, Jl Pemuda, Semarang belum afdol rasanya kalau tidak mencoba masakan mie spesial yang disajikan.

Pada kegiatan itu, beragam olahan mie disajikan, namun pengunjung perlu mencoba mie yang satu ini, Bakmi Belitung Mak Nya.

Dari namanya sudak bisa ditebak. Mie ini berasal dari Negeri Laskar Pelangi, Belitung. Mie ini di daerah Belitung merupakan suguhan mie yang wajib dihidangkan jika ada turis mancanegara yang berkunjung ke pulau Belitung.

Ira Agustini, pemilik Bakmi Belitung Mak Nya menuturkan selain warga asing bakmi Belitung juga merupakan menu favorit yang warga lokal di daerah pulau itu.

Ira panggilan akrab Ira Agustini menambahkan spesial mie Belitung terdapat pada citarasa khas kuahnya.

“Kuahnya itu perpaduan antara udang dan bumbu rempah yang menghasilkan kuah mie yang kental dan gurih” tuturnya kepada semarangpedia.com.

Olahan bakmi Belitung, lanjutnya, dari mie kuning ditata dengan potongan kentang rebus, tahu, irisan timun, taburan taoge, kemudian disiram kuah udang kental berwarna coklat plus dan tekahir yang tidak boleh terlewat adalah emping.

31-Mie Mak NyaAroma kuah udangnya terasa saat terhendus dihidung. Ketika campuran mie yang membaur bersama kuah itu masuk ke mulut seolah ada rasa yang mirip dengan kuah semacam Mi Jawa.

Anna salah satu pengunjung Festival Bakmi menuturkan pengalamanya mencoba Bakmi Belitung.

“Ini pertama kali saya coba, kuah udangnya memang terasa gurih dan kental, meski terasa sperti rasa rasa mi Jowo”, ujar wanita warga Semarang itu.

Untuk merasakan kuah khas Bakmi Belitung pengunjung cukup mengeluarkan Rp20.000 per porsinya. Atau bagi yang ingin memesannya bisa hubungi 08112770972, Ira dengan senang hati akan melayani.(RS)

277
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>