Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Tengah akan memfasilitasi hak-hak peneliti, sehingga mereka akan lebih giat untuk berinovasi dan menciptakan hasil penelitian yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Tengah Tegoeh Wynarno Haroeno mengatakan Pemprov akan memfasilitasi hak-hak peneliti di Jawa Tengah, agar mereka lebih berkembang untuk menampilkan hasil kreasi.

Menurutnya, saat ini Jawa Tengah memiliki banyak sumber daya manusia peneliti yang kreatif dan inovatif.  Namun, tidak semuanya bersedia menampilkan hasil kreasi mereka karena khawatir akan ditiru  oleh pihak/orang lain.

“Dengan demikian, kami akan mefasilitasi hak mereka. Baik hak paten, hak merek, hak kekayaan intelektual, hak indikasi geografis, maupun hak lainnya. Itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak hanya hilirisasi, tetapi juga komersialisasi,” ujarnya, di Semarang, Jumat. (2/9)

Melihat kondisi itu, Tegoeh mengaku telah menyusun database peneliti dan hasil penelitian. Diperkirakan lebih dari 20.000 peneliti di Jawa Tengah telah menciptakan 40.000 hasil penelitian.

Tidak hanya menyusun database, lanjutnya, Pemprov juga berkomitmen memperkuat sistem inovasi di kabupaten/kota menggunakan sistem inovasi daerah (SiDa).

“Kabupaten/kota diperkuat dengan SiDa. Sekarang sudah 18 kabupaten/kota menggunakan SiDa,” tuturnya.

Dia menuturkan untuk meningkatkan keberanian masyarakat Jawa Tengah menampilkan karya-karya mereka, Balitbang Jateng secara rutin menyelenggarakan Lomba kreasi dan inovasi (Krenova).

“Lomba krenova untuk masyarakat ternyata sangat tinggi atensinya. Pada 2015 dan tercatat 70 peserta. Jumlah itu meningkat menjadi 137 peserta untuk tahun ini. Hampir dua kali lipat,”  ujarnya. (RS)

185
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>