Sebarkan berita ini:

SOLO[SemarangPedia] – Arus penumpang di Bandara Adi Soemarmo sepanjang 2020 mengalami penurunan 75% dan hanya mencatat sebanyak 21.692 penumpang yang datang dan berangkat, dibanding tahun sebelumnya.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawa mengatakan selama 2020 tercatat hanya sebanyak 21.692 penumpang datang maupun berangkat. Jumlah itu menurun 75% dibandingkan pada 2019 yang mampu mencatat mencapai 91.471 penumpang.

Sedangkan pergerakan pesawat, lanjutnya, sepanjang 2020  tercatat sebanyak 334 atau menurun 52% dibanding 2019 yang mencapai sebanyak 690 pergerakan.

“Traffic pesawat dan penumpang secara keseluruhan selaka 2020 mengalami penurunan sebanyak 76% dibandingkan tahun lalu. Kalau untuk penerbangan mengalami penurunan 52%,” ujarnya usai memimpin upacara penutupan Posko Natal dan Tahun Baru 2021, Selasa (5/1).

Menurutnya, animo penumpang saat ini sangat dipengaruhi aturan di wilayah destinasi. Penumpang harus mempersiapkan segala persyaratannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara, sehingga calon pengguna jasa  harus mengatur jadwal itu untuk disesuaikan dengan persiapan pelaksanaan penerbangan.

Dia menambahkan pada saat liburtan Natal dan Tahun Baru lalu puncak arus mudik terjadi pada 24 Desember 2020 dengan jumlah penumpang datang sebanyak 1.741 orang. Sedangkan puncak arus balik berlangsung 3 Januari 2021 dengan jumlah penumpang berangkat 1.197 orang.

Bandara Adi Soemarmom tutur Yani, masih terus melayani Rapid baik Rapid Antibody maupun Rapid Antigen. Penyelenggaraan Rapid ditempatkan diarea parkir kendaraan karena letaknya yang aman dan terbuka.

Hingga kini tercatat  6.000 orang terdiri penumpang pesawat maupun masyarakat umum telah melakukan rapid di Bandara Adi Soemarmo.

“Dengan beroperasinya kembali Kereta Bandara mulai 1 Januari 2021, masyarakat akan lebih mudah untuk menuju Bandara Adi Soemarmo atau tempat yang ingin dituju sesuai dengan jadwal kereta bandara,” tuturnya. (RS)

24
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>