Sebarkan berita ini:

1- Virus ZikaSEMARANG[SemarangPedia] – Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, mulai mengantisipasi masuknya virus zika dengan melakukan screening terhadap seluruh penumpang pesawat yang datang dari Singapura, Kamis. (1/9)

Screening sudah dengan peralatan alat khusus, untuk mengetahui kondisi tubuh seseorang yang mengidap virus zika.

Screening dilakukan terhadap penumpang pesawat dari Singapura, yang tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang. Para penumpang harus melewati alat termal scan untuk mendeteksi suhu tubuh secara massal di pintu kedatangan internasional.

Alat tersebut tersambung dengan layar yang bisa menunjukkan suhu tubuh penumpang yang melintasi termal scan. Suhu tubuh manusia yang melintasi Alat seperti gerbang metal detektor akan mendefinisikan dengan warna tertentu pada bayangan penumpang di layar.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Priagung mengatakan tindakan pemeriksaan akan dilakukan, jika ditemui ada penumpang yang suhunya lebih dari 38 derajat celcius. Jika terbukti mengidap gejala Virus zika, akan dilakukan tindakan khusus, untuk selanjutnya dirujuk ke RSUP Dr. Kariadi Semarang.

“Jika ada penumpang dari Singapura atau luar negeri dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius akan dilakukan tindakan khusus,” ujarnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Priagung menambahkan menurut informasi di Negara Singapura sudah lebih dari 50 orang yang terjangkit viris zika, dan untuk saat ini kedatangan penumpang dari Singapura mulai dilakukan langkah antisipasi.

“Untuk di Indonesia antisipasi virus Zika akan terus dilakukan hingga ada pernyataan aman dari pemerintah Singapura,” tuturnya.

Perlu diketahui virus zika yang ditularkan melalui gigitan nyamuk pengidap zika, salah satu bahaya adalah pada bayi dan janin yang menyebabkan kepala kecil akibat lahir dengan mikrosefali, gangguan perkembangan otak. (HN/RS)

 

79
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>