Sebarkan berita ini:

22-Rob Pantura1SEMARANG[SemarangPedia] –  Genangan banjir air rob dengan ketinggian mencapai 50 centi meter Cm) saat ini masih melanda sebagian besar di wilayah pantai utara (Pantura). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Semarang memprediksi pada lebaran dan pasca lebaran genangan air rob masih berlanjut.

Reni Kraningtyas Kepala Seksi Data dan Informasi, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Semarang mengatakan untuk banjir rob itu masih terjadi hingga 5 -12 juli mendatang, sehingga pada saat itu dimungkinkan daerah yang berada dipesisir utara akan mengalami genangan yang bukan karena curah hujan, tetapi karena pasangnya air laut.

“Pada saat lebaran dan setelah lebaran tidak hanya hujan, tetapi juga kondisi rob yang tinggi dan akan berakibat melubernya hingga memasui jalan raya,” ujarnya, Rabu. (22/6)

Air pasang laut, lanjutnya, yang mengakibatkan banjir rob sangat signifikan memberikan dampak pada sejak April dan Juni. Selain itu pada Juli mendatang masih akan terjadi rob dengan ketinggian 40 cm hingga 60 cm.

“Air rob itu akan memasuki hingga jalan raya, karena tingginya air pasang laut tersebut. Untuk itu dihimbau agar masyarakat yang melintas di jalan raya lebih waspada,” tuturnya.

Kondisi itu, dia menambahkan akan memberikan dampak yang menimbulkan kerugian materi di sejumlah wilayah di pantura, seperti pesisir di wilayah Jakarta, Pekalongan hingga  Semarang.

BMKG Semarang menghimbau kepada masyarakat di Jawa Tengah agar lebih waspada dengan adanya musim yang terjadi pada saat ini. Untuk wilayah pantura menjelang dan pasca lebaran prediksi rob masih terjadi di bebarapa wilayah.

Menurutnya, untuk hujan masih didominasi adanya potensi hujan ringan sampai hujan sedang, bahkan bisa hujan sedang hingga lebat, sehingga masyarakat perlu waspada adanya potensi bencana yang diakibatkan karena angin kencang, angin puting beliung, longsor ataupun hujan lebat yang mengakibatkan genangan-genangan banjir diwilayah Jateng dan sekitarnya. (HN/RS)

 

 

116
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>