Sebarkan berita ini:

29-bank-jatengSEMARANG[SemarangPedia] – Bank Jateng menggandeng Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), untuk membantu dalam upaya mendorong pengembangan pembiayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang potensial.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatna mengatakan Bank Jateng  siap membantu pembiayaan BUMDes, sebagai upaya untuk ikut mendorong pengembangan usaha maupun penambahan modal .

Menurutnya, apabila masyarakat desa mampu mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa melalui  BUMDes, sudah dapat dipastikan usaha merekma akan menjadi roh pembangunan.

“Saat ini, Bank Jateng juga sudah bekerja sama dengan Papdesi  untuk mengembangkan BUMDes. Ini kewajiban kami sebagai bank pembangunannya Jawa Tengah. Termasuk kami menjalin hubungan dengan Bulog yang dikerja samakan dengan BUMDes untuk memotong rantai distribusi barang komoditas pokok, yang bisa mengurangi harga, yang harus dibayar end user menjadi lebih murah,” ujarnya, di Semarang.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo  menunjuk contoh nyata kesuksesan BUMDes Umbul Ponggok di Klaten yang kini mampu  menyejahterakan masyarakat desa setempat.

Menurutnya, pendapatan wisata dan PDAM Umbul Ponggok Klaten kini per tahun sudah mencapai Rp 5 miliar.

“Kita cari peluang yang bisa dimanfaatkan untuk BUMDes, seperti contoh yang di Ponggok (Umbul Ponggok Klaten) itu bagus. Potensinya ditiru bagaimana mengembangkannya, dan nanti dari Bapermasdes juga akan ikut memfasilitasi,” tuturnya.

Ganjar mendorong agar setiap Kepala Desa bisa menciptakan peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes. Pemerintah pasti akan membantu manajemen pengelolaannya melalui Bapermasdes. (RS)

208
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>