Sebarkan berita ini:

27-bartenderSEMARANG[SemarangPedia] – Profesi bartender, seni menyajikan minuman dengan memperagakan alat – alat bar ini memang identik dengan gemerlapnya dunia hiburan malam terutama di berbagai kota, seperti di Kota Semarang.

Pandangan orang awam terhadap profesi ini cukup beragam. Ada yang pro maupun ada yang kontra. Terlepas dari itu semua, seiring perkembangan jaman, tidak bisa dipungkiri terjun ke dunia bartender kini menjadi trend dan mulai diminati oleh kalangan muda.

Mohammad Farid, Supervisior Food And Baverage (FNB) Services Star Hotel Semarang menggambarkan bartender adalah sebuah profesi yang menyenangkan.

“Sebenarnya profesi ini sifatnya entertain, dimana bisa bertemu sekaligus berhadapan langsung dengan tamu yang beragam karekter dan bisa berpenghasilan besar. Dari situ, kami yang bergelut pada bidang ini harus cerdas menangkap keinginan tamu dengan menyuguhkan minuman,” ujarnya kepada semarangpedia.com.

Menurutnya, sang peramu minuman bukan sekedar campur- mencampur ingredients minuman, namun ada dasar pengetahuan dibaliknya.

“Ada beverage knowlage tersendiri dalam memproduksi dan meramu cocktail maupun mocktail. Dimana bartender harus paham pengetahuan resep minuman yang disajikan, sehingga rasa minuman memiliki kejutan dan sekaligus ditunjang dengan juggling dan flaring,” tuturnya

Sementara Aloysius Surya Kusama, Bartender Star Hotel Semarang yang sudah berkecimpung selama tiga tahun di berbagai tempat bar mulai Jakarta, Yogyakarta dan Bali ini,  menuturkan perlu waktu lama untuk bisa menguasai segala pengetahuan dalam bartender mulai meracik minuman (mixiologist), flaring maupun juggling.

“Kuncinya ya terus menerus belajar dan berlatih mendalami pengetahuan dalam bartender, jangan mudah putus asa dan tetap percaya diri,” tutur Usroc panggilan akrabnya lulusan Graha Wisata angkatan 2011 itu. (RS)

453
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>