Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Semarang merealisasikan kerja sama dengan Polda Jateng, untuk peningkatan penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan/SAR, terutama dalam kelancaran dan keberhasilan operasi SAR.

Kerja sama yang merupakan lanjutan dari Memorandum Of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Pusat dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tersebut tertuang dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), yang dilaksanakan, di Hotel Edge Semarang, Selasa (13/3).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dengan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Nur Isrodin Muchlisin.

Condro Kirono mengatakan dengan adanya penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat segera diimplementasikan dilapangan.

Standard Operating Procedure (SOP) yang tertuang dalam kerja sama ini harus diimplementasikan dilapangan, apalagi menghadapi Jawa Tengah wilayahnya yang karakteristik tingkat bencananya cukup tinggi,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa poin yang disepakati untuk kerja sama ini di antaranya sinergitas sumberdaya manusia, sehingga penyiapan sumber daya manusia (SDM) bisa sepaham.

”Jadi kami di Kepolisian Jawa Tengah ini, SDM-nya silakan bekerja sama. Termasuk kalau ada pelatihan-pelatihan itu bisa kita sinergikan supaya ada pemahaman yang sama, khususnya yang sering membidangi SAR seperti Sabhara, Ditpolair, Brimob dan lainnya,” tuturnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Nur Isrodin Muchlisin menuturkan ruang lingkup kerja sama ini meliputi situasi normal dan darurat. Dalam situasi normal yang dilaksanakan adalah mengedukasi masyarakat, melakukan sosialisasi, meningkatkan kompetensi melalui bimbingan teknis, pelatihan maupun simulasi.

“Sementara dalam situasi darurat, masing-masing kita bersinergi untuk pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dalam upaya pelayanan operasi SAR kepada masyarakat,” ujar Noer Isrodin.

Kerja sama dengan Polda Jateng ini, lanjutnya, juga untuk menambah kekuatan tim Basarnas Semarang dengan wilayah kerja yang belum sebanding dengan jumlah personil.

“Basarnas hadir dalam tugas kemanusiaan, rakyat membutuhkan pertolongan itu, sehingga diperlukan sinergi baik dengan TNI maupun Polri serta rakyat,” tuturnya. (RS)

9
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>