Sebarkan berita ini:

13-pilkada-serentak-2017SEMARANG[SemarangPedia] – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng mengisyaratkan calon kepala daerah dan wakilnya yang masih melaksanakan tugasnya sebagai anggota DPR/DPRD tidak memenuhi syarat pencalonan.

Teguh Pur nomo Anggota Bawaslu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga mengatakan Bawaslu segera merekomendasikan calon Bupati/wakil Bupati dan Walikota/wakil Walikota yang melaksanakan tugasnya sebagai anggota DPR/DPRD tidak memenuhi syarat pencalonan.

Mereka, lanjutnya, sesuai peraturan KPU harus segera menyampaikan surat keputusan pemberhentian sebagai anggota dewan, setelah dalam waktu 60 hari sejak pengunduran diri.

Menurutnya, hingga kini hanya anggota dewan yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah yang menyerahkan surat keputusan pengunduran diri dari jabatannya.

“Saat ini hanya Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat dari PDI Perjuangan yang menyerahkan surat keputusan pengunduran diri itu, sementara lainnya belum ada,” ujarnya, Selasa. (15/11)

Dia menuturkan sudah seharusnya sejak menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota/ketua DPR/DPRD yang bersangkutan sudah tidak lagi menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

Sedangkan terdapat enam orang lainnya yang mencalonkan diri di lima Kabupaten/Kota belum menyampaikan surat keputusan pemberhentian sebagai anggota dewan. Sesuai syarat KPU, anggota dewan itu harus melampirkan surat pernyataan mengundurkan diri dari posisinya.

Bawaslu mempertanyakan etika politik anggota dewan yang sudah mundur tetapi masih menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

“Pada kenyataannya hingga saat ini, banyak yang masih melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai anggota dewan dengan dalih pengajuan pengunduran diri masih dalam proses,” tuturnya. (RS)

89
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>