Sebarkan berita ini:

3-eks-gafatarSEMARANG[SemarangPedia] – Belasan anggota eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari sejumlah daerah mengadu ke Kantor Ombudsman Jawa Tengah. Paska dipulangkan dari Mempawah, Kalimantan Barat.

Mereka mengaku menjadi korban diskrimasi sehingga mengadu untuk mendapatkan perlindungan.

Para eks Gafatar ini beraudiensi dengan Ombudsman di dampingi Lembaga Bantuan Hukum Semarang (LBH) dan Lembaga Study Sosial dan Agama (eLsa) Semarang.

Sebanyak 12 belas perwakilan eks Gafatar iitu mengatakan hak hidup mereka mendapatkan perlakuan deskiminatif, mulai dari poses pemulangan hingga perlakuan di kampung halaman masing-masing.

“Pertama kita dapat perlakuan tidak manusiawi saat proses pemulangan. Mulai ditempatkan di gudang semen juga diangkut menggunakan kapal yang over tonase, ” ujar Dedy Setiawan saat audiensi di Kantor Ombudsman Semarang, Senin. (3/10)

Perlakuan diskriminasi itu, lanjut pria asal Ungaran itu, berlangsung saat mereka sampai di kampung halaman masing-masing. Di mana para eks Gafatar dipersulit saat membuat kartu kependudukan serta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

“Terdapat teman kami untuk membuat E-KTP harus membuat surat penyataan telah keluar dari Ormas Gafatar. Di SKCK juga dicantumkan pernah terlibat kriminal. Ini menjadikan kami susah mencari kerja, ” tuturnya.

Dia mengharapkan pemerintah mengembalikan hak dasar seperti halnya warga negara lain yang dilindungi undang-undang.

“Eks Gafatar kok diperlakukan seperti ini. Padahal Gafatar sendiri kan sudah tidak ada, ” ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman Jateng Sabarudin H mengatakan pihaknya akan menganalisa lebih jauh terkait pelanggaran dari sisi pelayanan publik dengan koordinasi dengan Ombudsman pusat.

“Apapun itu hak-hak mereka harus terpenuhi. Karena ini masalah nasional maka kita akan koordinasikan dengan pusat, ” tuturnya. (RS)

111
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>