Sebarkan berita ini:

19-Dakwah1SEMARANG[SemarangPedia] – Memanfaatkan sarana media sosial untuk berdawah memberikan pengetahuan tentang ajaran agama juga lebih efektif, karena pengguna teknologi itu semakin bertambah banyak.

Hal itu, terungkap dalam satu seminar yang bertema ‘Berdakwah Lewat tulisan’ di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Semarang, yang menghadirkan pembicara Syamsul Huda Dosen STIKOM dan Rofiudin Wartawan Tempo dengan dimoderatori Shinta Ardhany.

“Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berdakwah. Apapun tulisan yang kita posting, jika itu memuat nilai kebaikan. Kita sudah melakukan dakwah di media,” ujar Rofiudin.

Menurutnya, ada tiga macam karakteristik pengguna medsos, selain menceritakan dirinya sendiri (selfi) dan menceritakan lingkungan, juga sebagai arena pembelajaran dan kritik.

Dari ke tiga ciri karakteristik pengguna medsos, lanjutnya, semua tetap bisa melakukan dakwah. seperti karakteristik yang suka menceritakan diri sendiri. Foto selfi dengan keluarga, beri tulisan tentang kasih saying.

Sependapatan Syamsul Huda menuturkan sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya bisa ikut berdakwah.

“Perintah untuk berdakwah yaitu melalui sabda nabi yang berarti. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Tetapi hal yang tetap kita lakukan adalah menulis dengan kata-kata bijak. Kata-kata yang tidak mengancam, ” Tujarnya.

Lebih lanjut Rofiudin memberikan tips untuk memilih media online sebagai media pembelajaran agama. Pertama tidak mudah mempercai suatu media yang digunakan seseorang atau organisasi untuk berdakwah, kemudian sering mengikuti postingan yang media itu lakukan.

“Bahkan terakhir tanyakan pada orang yang lebih tahu tentang media yang digunakan sebagai media dakwah,” tuturnya. (RS)

 

129
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>