Sebarkan berita ini:

13-Sabu1SEMARANG[SemarangPedia] –  Penyidik segera melimpahkan berkas ke Pengadilan Negeri Semarang untuk tahap kedua atas delapan tersangka kasus penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 97 kilogram yang tertangkap di sebuah gudang mebel di Jepara.

Ke delapan tersangka terdiri Muhammad Riaz alias Mr Khan dan Faid Akhtar asal Pakistan, Khamran Malik alias Philip Russel dari Amerika Serikat, Didi Triono (DT) asal Jepara, serta Peni Suprapti, Citra Kirniawan, Restiyadi Sayoko, dan Tommi Agung Priambudi, keempatnya dari Semarang.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang Rizal Pahlevi melalui Kasi Tindak Pidana Umum, Anton Rudyanto mengatakan diperkirakan berkas akan dilimpahkan sebelum 23 Juni 2016, saat ini Kejaksaan masih menyusun dakwaannya.

Menurutnya, penyusunan berkas dakwaan dilakukan ekstra hati-hati, sehingga koordinasi terus- menerus dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) yang saat itu menggagalkan penyelundupan narkotika tersebut.

Pihaknya juga telah memperpanjang masa penahanan delapan tersangka selama 30 hari kedepan. Masa perpanjangan terakhir ini terhitung mulai Minggu (12/6).

“Kami perlu menyusun dakwaan secara cermat, sehingga koordinasi penting dilakukan dengan BNN. Terlebih lagi, kejaksaan juga tidak berada ditempat saat itu,” ujarnya, Senin. (13/6)

Sebelumnya, penyidik BNN telah melimpahkan delapan tersangka bersama barang bukti 97 kilogram sabu.

Sementara, Kabag Humas BNN, Kombes Pol Slamet Pribadi mengatakan satu di antara delapan tersangka itu adalah wanita, yakni Peni Suprapti.

“Jepara itu hanya lokasi transit. Mr Khan dan tujuh rekannya itu diduga terbukti melakukan tindak pidana penyelundupan narkotika dari Guangzhou, Tiongkok melalui jalur darat menuju Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang pada 27 Januari lalu,” tuturnya.

Para tersangka dijerat pasal 112 atau 114 Undang-Undang (UU) Nomor 35/ 2009 tentang Narkotika serta UU Nomor 8/ 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. (RS)

152
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>