Sebarkan berita ini:

7-UangSEMARANG[SemarangPedia] – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menyiapkan dana tunai lebih besar 9,7% mencapai Rp19 triliun dibanding tahun lalu hanya senilai Rp17,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Lebaran tahun ini.

Kepala Perwakilan BI Jateng Iskandar Simorangkir mengatakan kebutuhan uang tunai pada Lebaran tahun ini diproyeksikan mengalami peningkatan 9,7% dibanding tahun lalu yang tercatat sebesar Rp17,1 triliun.

“Peningkatan itu, banyak disebabkan dari kenaikan pendapatan masyarakat saat ini, serta jumlah hari libur yang panjang bila dibandingkan tahun lalu, sehingga ¬†kebutuhan uang tunai juga diprediksi akan meningkat,” ujarnya, Selasa (7/6/2016).

Secara detail, pecahan uang yang paling banyak diminati oleh masyarakat didominasi oleh uang pecahan Rp10.000 yang mencapai 29% dari total uang tunai, disusul pecahan Rp20.000 (24%), dan pecahan Rp5.000 (24%).

Menurutnya, seluruh kantor perwakilan BI di Jawa Tengah, seperti di Solo, Tegal, dan Purwokerto, kini tengah menyiapkan pelayanan akan penukaran uang kepada masyarakat secara serempak.

“Kami sudah meminta agar masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan penukaran uang ini secara langsung dan sebaiknya tidak menggunakan jasa calo untuk menghindari risiko kurang dan uang palsu. Bahkan jika ingin menukarkan tinggal datang ke lokasi penukaran atau ke kantor BI,” tuturnya.

BI akan membuka pelayanan dengan jadwal penukaran yang disediakan bisa dilakukan pada dua minggu terakhir Ramadan, Senin-Kamis, mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

98
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>